Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Niaga Targetkan Penjualan Sukuk Ritel Rp 2 Triliun

Kompas.com - 28/02/2017, 12:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk ditunjuk pemerintah sebagai salah satu agen penjual Sukuk Negara Ritel (Sukri) seri SR-009. Produk sukri ini akan mulai ditawarkan pada 27 Februari 2017.

Perseroan berharap dapat menjual instrumen investasi berbasis syariah ini sebesar Rp 2 triliun. Adapun tingkat kupon 6,9 persen per tahun.

"Dengan menjadi salah satu agen penjual SR-009, CIMB Niaga berkomitmen turut menjaga dan memperkuat stabilitas perekonomian nasional sekaligus mendukung keuangan inklusif dengan menyediakan produk investasi untuk masyarakat dan ikut mengembangkan industri keuangan syariah," ujar Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan dalam pernyataan resmi, Selasa (28/2/2017).

Sukuk Negara Ritel seri SR-009 merupakan surat berharga syariah yang mencerminkan bukti kepemilikan investor atas Aset SBSN (underlying asset) yang disewakan. Instrumen investasi ini berakad Ijarah Asset to be Leased dengan underlying asset berupa proyek/kegiatan dalam APBN 2017 dan Barang Milik Negara (BMN).

Instrumen SR-009 bisa dibeli dengan minimum pemesanan Rp 5 juta dan maksimum Rp 5 miliar. Dengan membeli SR-009,masyarakat dapat menikmati sejumlah keuntungan, yaitu pendapatan tetap setiap bulan (fixed coupon) serta potensi capital gain bila dijual di pasar sekunder. Adapun jangka waktu SR-009 ini adalah tiga tahun.

"Sertifikat SR-009 yang dimiliki nasabah bisa dijadikan sebagai salah satu jaminan untuk fasilitas pembiayaan. Ini merupakan bentuk kemudahan yang kami berikan bagi pemilik SR-009 yang tengah membutuhkan likuiditas," tutur Lani.

Masa penawaran SR-009 berlangsung sejak 27 Februari hingga 17 Maret 2017. Adapun pembayaran imbal hasil SR-009 yang memiliki tanggal jatuh tempo pada 10 Maret 2020 ini akan dilakukan setiap tanggal 10 setiap bulan dan pembayaran pertama kali dilakukan pada 10 April 2017.

Selain itu, pada instrumen SR-009 ditetapkan minimum holding period satu kali pembayaran kupon, yang dalam periode tersebut pemilik sukuk ritel tidak dapat memindahbukukan kepemilikannya.

Dijelaskan Lani, CIMB Niaga menyasar investor ritel dalam negeri. Guna mengoptimalkan penjualan SR-009, perseroan pun akan melaksanakan investor gathering di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, untuk menjangkau sasaran investor ritel tersebut, khususnya yang berada di Indonesia bagian Timur.

"Kami berharap Sukuk Negara Ritel seri SR-009 ini dapat terserap optimal sehingga dapat pula mendorong perolehan fee based income untuk CIMB Niaga," tutup Lani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com