Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Akhirnya Beberkan Berbagai Rencana Ekonomi di Hadapan Kongres

Kompas.com - 01/03/2017, 11:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pidato pertamanya di hadapan Kongres. Dalam pidatonya tersebut, Trump menyebutkan berbagai upaya peningkatan perekonomian yang akan dilakukan pemerintahannya.

Mengutip CNBC, Rabu (1/3/2017), Trump menekankan upayanya sejauh ini untuk mencapai agenda-agenda ekonomi yang telah disusunnya dan membawa pulang lapangan kerja maupun investasi kembali ke AS.

Di samping itu, Trump juga menjelaskan pengukuran untuk memangkas regulasi dan mengeluarkan AS dari Kerja Sama Kemitraan Trans Pasifik (TPP).

Ia juga menjelaskan upayanya untuk mengembangkan cetak biru reformasi pajak korporasi guna meningkatkan daya saing AS sekaligus memberikan keringanan pajak bagi kelas menengah.

Selain itu, Trump juga meminta Kongres untuk mengganti program jaminan sosial Obamacare.

“Dengan reformasi yang memperluas pilihan, meningkatkan akses, biaya lebih rendah, dan pada saat yang sama, memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik,” ujar Trump.

Pada kesempatan itu, Trump juga menyoroti keamanan warga AS dan menyatakan janjiya untuk mengambil arah kebijakan keras untuk melawan terorisme radikal yang mengatasnamakan Islam.

Ia menyebut kegiatan anti-semitis beberapa waktu lalu, termasuk penyerangan yang menyasar pusat komunitas Yahudi dan aksi vandalisme di pemakaman Yahudi.

Saat ini, Trump menghadapi upaya yang sulit untuk mengganti Undang-Undang Pelayanan Terjangkau dengan segera dan mereformasi kode perpajakan Amerika.

Perbedaan pendapat terjadi di antara pejabat Gedung Putih dan Kongres yang didominasi Partai Republik tentang bagaimana agenda itu bisa dilaksanakan. 

Kompas TV Sejumlah Janji Trump untuk Amerika Serikat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com