Laba Bersih Bank Syariah Mandiri Tumbuh 12,38 Persen Sepanjang 2016

Kompas.com - 01/03/2017, 14:56 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Mandiri (BSM) mencatatkan pertumbuhan laba bersih hingga 2016 sebesar Rp 325,4 miliar atau tumbuh 12,38 persen dari perolehan laba bersih tahun sebelumnya sebesar Rp 289,6 miliar.

Direktur Utama BSM, Agus Sudiarto mengatakan, perolehan laba bersih ditopang dari perbaikan kualitas aktiva produktif dan juga meningkatnya pendapatan bersih, pengendalian biaya overhead serta penghematan biaya cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN).

"Total pendapatan bersih BSM per Desember 2016 naik 12,72 persen menjadi Rp 4,96 triliun dari semula Rp 4,40 triliun per Desember 2015," ujar Agus di Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Senior Executive Vice President BSM, Ade Cahyo Nugroho mengatakan, pada tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan laba sebesar 10 persen.

"Berdasarkan Rencana Bisnis Bank (RBB) tahun ini kita targetkan tumbuh 10 persen. Lebih rendah dari tahun sebelumnya, karena likuiditas kami sudah berlebih. Jadi tahun ini kita akan gencar di pembiayaan, target 10-12 persen," kata Ade Cahyo.

Guna meningkatkan perolehan laba bersih, pihaknya akan menggenjot pembiayaan yang tercatat hingga akhir 2016 mengalami pertumbuhan sebesar 8,8 persen atau meningkat dari Rp 51,1 triliun per posisi Desember 2015 menjadi Rp 55,6 triliun per Desember 2016.

Pembiayaan tersebut tumbuh secara selektif fokus kepada segmen pilihan. "Kami senantiasa konsisten untuk terus menumbuhkan pembiayaan dengan penjagaan kualitas agar perusahaan bisa menghasilkan profit yang optimal," kata Ade Cahyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.