Jonan: Sudah Ada Kerja Sama antara Saudi Aramco dan Pertamina

Kompas.com - 02/03/2017, 12:55 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi ke Indonesia dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku bisnis.

Salah satu badan usaha milik negara (BUMN), yakni PT Pertamina (Persero), tak mau menyia-nyiakan kedatangan orang paling berpengaruh di Arab Saudi ini.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, telah ada satu kerja sama yang dilakukan antara Saudi Aramco dan Pertamina terkait proyek pemurnian (refinery) di Cilacap, Jawa Tengah.

"Sudah ada satu kerja sama dengan Saudi Aramco dengan Pertamina untuk pengembangan refinery di Cilacap," ujar Jonan di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Proyek pemurnian di Cilacap merupakan kompleks pemurnian minyak terbesar di Indonesia. "Nilainya mungkin 5,5 miliar dollar Amerika Serikat (AS) sampai 6 miliar dollar AS," kata Jonan.

Seperti dikutip dari situs resmi Saudi Aramco, Presiden dan CEO Saudi Aramco Amin H Nasser menyatakan, pihaknya berkomitmen terus meningkatkan dan membidik kesempatan dalam proyek hilir dengan Pertamina.

Kerja sama dengan Pertamina sejalan dengan rencana transformasi ekonomi Arab Saudi yang dinamakan Visi 2030.

Saudi Aramco, kata Nasser, siap mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia melalui sumber daya dan modal dalam sektor pemurnian dan petrokimia.

"Pemurnian di Cilacap diekspektasikan menjadi proyek penting dalam memenuhi tumbuhnya permintaan produk minyak yang dimurnikan, sama halnya dengan pemurnian lainnya di Sumatera," ujar Nasser.

Selain melakukan investasi di Cilacap, Aramco juga melakukan investasi serupa dengan S-Oil di Korea, Showa Shell di Jepang, Fujian Refining di China, dan Motiva di Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.