Akhir Bulan Ini, Pembayaran Debit di Enam Bank Sudah Terintegrasi

Kompas.com - 02/03/2017, 15:00 WIB
Ilustrasi. Mesin EDC, kartu ATM, dan uang elektronik. KOMPAS.com/PalupiIlustrasi. Mesin EDC, kartu ATM, dan uang elektronik.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Sistem pembayaran tunggal atau National Payment Gateway (NPG) akan segera diimplementasikan oleh para switching company.

Direktur Bisnis PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) Anthoni Morris menyebutkan, saat ini implementasi NPG sudah masuk dalam pembayaran debit.

"Akhir Maret ini ada pilot enam bank," kata Anthoni di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Beberapa bank tersebut yaitu bank umum kategori usaha (BUKU) IV, seperti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

(Baca: Transaksi Kartu ATM dan Debit Rp 16,9 Triliun Sehari)

Dalam mengintegrasikan sistem pembayaran debit ini, Artajasa tidak bekerja sendiri. Artajasa bekerja bersama dengan dua switching company lain, yaitu Alto Network dan Rintis Sejahtera.

"Dengan integrasi ini, maka mesin EDC yang saat ini di satu titik itu ada beberapa, ke depan cukup 2-3 saja," kata Anthoni.

Sementara itu, mengenai tarif yang dikenakan, Anthoni mengatakan, keputusannya ada di Bank Indonesia. Namun, masukannya berasal dari working group yang terdiri dari tiga switching company dan perbankan.

Kompas TV Keberadaan Fintech saat ini dinilai begitu membantu pelanggan dan pengguna. Fintech pun semakin berkembang di masyraka. Apakah keberadaan fintech yang kian berkembang akan membunuh bisnis perbankan konvensional? Chief Risk Officer Modalku, Stefanus Warsito akan mengulik hal ini secara ekslusif



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X