Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat N219 Buatan Anak Bangsa Siap Mengudara Mei 2017

Kompas.com - 02/03/2017, 17:33 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia (Persero) tengah merampungkan pembuatan pesawat baru seri N219 yang diperuntukkan sebagai pesawat perintis. Saat ini pesawat tersebut tengah dilakukan uji sistem dan diharapkan bisa mengudara dalam waktu dua bulan lagi.

"Kita harapkan nanti bisa terbang ke mana saja. Insya Allah sebelum Mei bisa terbang," ujar Direktur Utama Dirgantara Indonesia, Budi Santoso di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Pembuatan pesawat N219 ini menurut Budi, patut dibanggakan dibandingkan pembuatan pesawat terdahulunya yakni N250. Sebab, dalam proses pengerjaannya, semua dilakukan oleh anak bangsa.

"Dulu waktu IPTN desain N250, 300-400 tenaga ahli asing yang berikan nasihat kalau kita tidak bisa putuskan. Nah di 219 itu, kita harus putuskan sendiri, di 219 tidak ada satupun tenaga asing jadi teknisi," terangnya.

Menurut Budi, hal yang paling diperlukan dalam pembuatan N219 ini adalah keyakinan. Keyakinan ini yang tengah ditumbuhkan PTDI dalam program N219.

"Di program N219 ini, paling penting adalah membangkitkan kemampuan untuk ambil keputusan teknis dan lainnya, yang selama ini tidak kita miliki," ucap Budi.

Budi menambahkan, tidak hanya PTDI yang harus yakin dengan apa yang dibuat, tapi pihak Kementerian Perhubungan sebagai regulator yang memberikan sertifikasi juga harus yakin dengan hasilnya.

"Dari gambar, bikin baut itu harus disetujui oleh Ditjen Kelaikan Udara Kemenhub, semua proses harus disetujui. Sebenarnya lebih lama bukan buat barangnya, tapi administrasinya, kan mereka harus yakin juga," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com