Bank BJB Incar Penyaluran Kredit hingga Rp 70 Triliun

Kompas.com - 02/03/2017, 20:06 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) pada 2017 ini menargetkan pertumbuhan kredit antara 12 persen-13 persen dibandingkan realisasi 2016, atau minimal mencapai Rp 70,67 triliun.

Pada tahun lalu, Bank BJB menyalurkan kredit sebesar Rp 63,1 triliun atau tumbuh 14,2 persen dibandingkan 2015 yang hanya Rp 55,3 triliun.

Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan menuturkan, fokus penyaluran kredit masih sama seperti tahun lalu yakni segmen konsumer dan segmen komersial.

"Pilar (segmen) kita sama (seperti tahun lalu). Yang kita kejar tetap di kredit konsumer. Tetapi, mungkin produk kredit konsumer itu kita perluas variasinya untuk mengejar target pertumbuhan kredit," kata Ahmad di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Adapun segmen kedua yang dikejar tahun ini yaitu segmen komersial. Ahmad menambahkan, meskipun kontribusinya segmen mikro masih kecil, namun program PESAT Bank BJB cukup banyak diminati.

PESAT atau Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu merupakan program Bank BJB untuk penyaluran kredit usaha rakyat. Bank BJB memiliki target untuk ketahanan pangan saja mencapai Rp 1 triliun.

"Kemudian untuk KPR, kita tetap ekspansi yang terukur, di segmen menengah ke bawah," kata Ahmad.

Dari laporan keuangan Bank BJB, kontribusi terbesar penyaluran kredit di 2016 berasal dari segmen konsumer yang mencapai Rp 44,2 triliun atau sebesar 70,04 persen dari total penyaluran kredit.

Setelah segmen konsumer, ada segmen komersial dengan penyaluran kredit mencapai Rp 10,8 triliun, atau sebesar 17,11 persen dari total penyaluran kredit.

Berikutnya ada segmen mortgage atau KPR dan segmen mikro. Penyaluran kredit kedua segmen tahun lalu masing-masing mencapai Rp 4,5 triliun dan Rp 3,5 triliun atau porsinya sebesar 7,13 persen dan 5,54 persen dari total penyaluran kredit.

Kompas TV BJB Paling Bersinar di 2015

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X