Kompas.com - 03/03/2017, 13:55 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerja sama pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan otoritas UKM Kerajaan Arab Saudi berlanjut. Delegasi Raja Arab Saudi mengunjungi Smesco Indonesia di Gedung Smesco RumahKU (Rumahnya Koperasi dan UMKM) Jakarta Selatan.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam menjelaskan, kedatangan delegasi Arab Saudi itu selain untuk bertukar informasi juga sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman mengenai kerja sama pengembangan UKM.

"Ini sebagai tindak lanjut (kerja sama), Kemenkop dan UKM tidak bisa bekerja sendiri, melainkan akan melakukan kerja sama dan koordinasi dengan kementerian lain, seperti Kementrian Riset dan Dikti, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Pertanian," kata Agus.

Agus menjelaskan, pihak Arab Saudi menginginkan kerja sama yang lebih intensif dan fokus dalam pengembangan usaha kecil menengah.

"Mereka lebih concern ingin melakukan kerja sama bisnis dengan UKM yang skalanya sudah menengah dan sudah berbasis teknologi dalam menjalankan bisnisnya," ujar Agus.

Sementara itu, Gubernur Otoritas UKM Kerajaan Arab Saudi Ghsaan Alsuliman mengungkapkan, pihaknya sangat tertarik dengan industri fashion dari Indonesia, khususnya busana muslim.

"Saya berharap industri fashion busana muslim dan pakaian tradisional dari Indonesia bisa terus dikembangkan, tapi bukan semata-mata untuk kalangan muslim saja. Melainkan bisa untuk semua kalangan," kata Alsuliman.

Di samping itu, lanjut Alsuliman, pihaknya sudah membangun kawasan ekonomi bernama King Abdullah Economic Center yang berlokasi di kota Jeddah, Madinah, dan Riyadh.

"Kami berharap, produk UKM dari Indonesia bisa menjadi bagian dari itu. Karena kami ingin melakukan kerja sama dalam mengembangkan UKM yang berdaya saing dan berbasis teknologi," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.