Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Ingin Impor Bibit Jagung dari Indonesia

Kompas.com - 03/03/2017, 19:06 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan pemerintah Malaysia ingin mengimpor bibit jagung dari Indonesia untuk membangun lahan jagung di wilayah perbatasan kedua negara.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, Malaysia akan membangun lahan jagung seluas 60.000 hektar di wilayah Malaysia yang berbatasan dengan Indonesia.

"Di sana (Sarawak) ada lahan 60.000 hektar. Mereka menginginkan bibit (jagung) dari Indonesia," ujar Amran di Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Kendati demikian, Amran belum menyebutkan lebih lanjut terkait jumlah bibit jagung yang akan diimpor oleh Malaysia. Menurutnya, selain bibit jagung, Indonesia juga akan berupaya mengekspor jagung ke Malaysia sebanyak tiga juta ton yang diperoleh dari hasil pengembangan lahan jagung di perbatasan Indonesia yaitu Entikong.

"Malaysia menginginkan impor jagung dari Indonesia sebanyak tiga juta ton. Indonesia sudah menyiapkan 50.000 hektar (tanaman jagung) di Entikong, bisa berkembang sampai 100.000 hektar. Kalau tiga juta ton itu perkiraan lahannya 700.000 hektar sampai satu juta hektar," papar Amran.

"Harapannya tiga tahun ke depan permintaannya (Malaysia) sudah bisa terpenuhi dari dalam negeri dan Indonesia harus pacu tingkatkan lahan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com