2017, Taspen Targetkan 4 Persen Dana Kelolaan untuk Proyek Infrastruktur

Kompas.com - 04/03/2017, 21:32 WIB
|
EditorM Fajar Marta

BOGOR, KOMPAS.com - PT Taspen (Persero) mulai berinvestasi di sektor infrastruktur berdasarkan skema pembiayaan investasi non-anggaran pemerintah (PINA). Proyek Waskita Toll Road (WTR) menjadi pembiayaan infrastruktur pertama PT Taspen melalui skema tersebut. 

Hal ini berarti sebagian dana pensiun yang dikelola PT Taspen akan dijadikan modal untuk pembangunan proyek jangka panjang pemerintah.

Direktur Investasi PT Taspen Iman Firmansyah, mengatakan sektor infrastruktur memiliki potensi keuntungan yang besar. Apalagi, saat ini pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur.

"Kalau sekarang, kami punya total investasi infrastruktur sebesar dua persen, nilainya sekitar Rp 1,9 triliun di Waskita Precast," ujar Iman dalam acara Public Expose PT Taspen di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/3/2017).

Iman menegaskan, pihaknya berencana akan menambah porsi investasi di sektor infrastuktur menjadi empat persen hingga akhir 2017. "Tahun ini kami targetkan penambahan investasi sekitar dua persen lagi, jadi kita tahun ini total empat persen," jelasnya.

Menurutnya, investasi langsung di sektor infrastruktur telah diatur dan diperbolehkan oleh regulasi pengelolaan dana pensiun. "Sesuai dengan aturannya, kami diperkenankan bisa investasi langsung maksimum 10 persen," ujarnya.

Iman menambahkan, pihaknya tidak hanya akan mengincar investasi infastruktur jalan tol saja, tetapi juga di sektor properti.

"Makanya kami lihat juga perusahaan infrastruktur lain, kalau mereka sesuai dengan kriteria, mungkin kami bisa berinvestasi di perusahaan tersebut," paparnya.

Perusahaan pelat merah tersebut saat ini memiliki dana kelolaan sebanyak Rp 170 triliun. Terdiri Rp 95 triliun di program dana pensiun dan Rp 75 triliun di program tabungan hari tua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.