Investasi Reksa Dana untuk memiliki Rumah Pertama

Kompas.com - 06/03/2017, 08:08 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
EditorBambang Priyo Jatmiko

KOMPAS.com - Memiliki rumah pertama adalah impian bagi banyak orang. Bagi yang sudah berhasil memiliki rumah pertama, meskipun masih kredit, ada suatu rasa kebanggaan tersendiri.

Investasi reksa dana merupakan suatu cara untuk mempercepat proses memiliki rumah sendiri. Bagaimana caranya dan apa pilihan reksa dana yang sesuai?

Berdasarkan data dari BPS pada tahun 2015, terdapat 65,5 juta rumah tangga di Indonesia dengan 82,63 persen di antaranya sudah memiliki rumah sendiri. Cukup tinggi memang. Tapi ada 17,37 persen atau lebih dari 11 juta rumah tangga yang masih belum memiliki rumah.

Yang sudah memiliki rumah sekalipun, suatu saat anaknya akan besar dan menikah. Pada saat itu, tentu juga akan membutuhkan rumah pertama pula.

Mengingat harga rumah dan harga tanah yang sudah semakin tidak terjangkau, memiliki rumah pertama meskipun secara kredit masih menjadi tantangan besar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Walaupun saat ini ada pilihan hunian vertikal atau apartemen dengan harga yang lebih terjangkau, tetap saja untuk bisa memenuhi down payment sebesar 30 persen dari harga rumah ditambah dengan biaya notaris dan pajak, masih cukup memberatkan bagi sebagian besar orang.

Berdasarkan riset, perkiraan per meter persegi untuk harga apartemen di Jakarta pada akhir tahun 2016 adalah : kelas menengah bawah Rp 20 juta , kelas menengah Rp 30 juta, kelas menengah atas Rp 35 juta–Rp 40 juta, kelas atas Rp 40 juta–Rp 45 juta, dan kelas mewah di atas Rp 60 juta.

(Baca: Di Jakarta, Harga Apartemen Menengah-Bawah Rp 20 Juta Per Meter Persegi)

Dengan asumsi apartemen yang menjadi rumah pertama impian kita berada di kisaran Rp 30 juta per meter persegi 10 tahun yang akan datang, maka dengan ukuran 42 meter persegi saja harganya kurang lebih akan setara Rp 1,26 miliar.

Untuk DP, sesuai ketentuan bank adalah 30 persen atau sekitar Rp 378 juta. Ditambah dengan biaya asuransi, notaris, pajak, dan juga renovasi, paling tidak, Anda membutuhkan setidaknya Rp 500 juta sebelum berani melakukan survei untuk mencari rumah pertama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X