Perawatan Berkala, Produksi Kilang Pertamina Balikpapan Dihentikan Sementara

Kompas.com - 06/03/2017, 21:10 WIB
|
EditorM Fajar Marta

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kilang pengolahan minyak Refinery Unit V PT Pertamina (Persero) di Balikpapan, Kalimantan Timur untuk sementara akan menghentikan operasinya selama hampir dua bulan dari 6 Maret hingga 17 April 2017. 

"Karena kita sedang melakukan turn around (perawatan) kilang," kata Area Manager Communication and Relation Pertamina di Kalimantan, Dian Hapsari, Senin (6/3/2017).

Menurut Dian, perawatan merupakan pekerjaan rutin dan biasa dilakukan secara bergilir pada seluruh kilang Pertamina.

Perawatan bertujuan untuk menjaga performa produksi ke depan, terlebih ketika kilang ini nantinya akan menjadi andalan dalam memroduksi BBM dengan standar Euro 4. Pertamina saat ini sedang mengembangkan kilang Cilacap, Balikpapan, dan Bontang untuk mewujudkan capaian Euro 4.

RU V memiliki 2 kilang, yakni Balikpapan I dengan kapasitas produksi 60.000 barel per hari dan Balikpapan II sebesar 200.000 barel per hari.

Seperti kebanyakan kilang lain, Pertamina mengolah minyak menjadi avtur, solar, hingga premium. BBM diproduksi untuk memenuhi kebutuhan Indonesia Timur, khususnya Kalimantan hingga Sulawesi.

Perawatan kilang sudah pernah dilakukan untuk Balikpapan I. Kali ini, giliran kilang kedua. Perawatan ini menyedot hampir 3.000 tenaga kerja.

Lantaran mobilitas pekerja begitu besar, Pertamina sampai membuat rekayasa lalu lintas buka tutup sebagian Jalan Minyak, jalan utama di depan kilang yang juga dipakai sebagai perlintasan kendaraan umum.

"Ibarat memelihara mesin kendaraan, ada saja yang harus diperbaiki, hingga pekerjaan mengelas. Kali ini ukurannya super besar, tentu membutuhkan tenaga jumlah banyak," katanya.

Sekalipun menghentikan produksi, pasokan BBM untuk Indonesia Timur diyakini tidak akan terganggu. Kilang-kilang lain dirancang turut membantu pasokan bagi Indonesia bagian Timur.

Selama perawatan, RU V juga mencadangkan BBM dalam tangki timbun untuk menjaga pasokan tetap aman hingga perawatan usai.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.