Antipasi Lebaran, Pengerjaan Dua Jalan Tol di Sumut Dikebut

Kompas.com - 07/03/2017, 11:09 WIB
Ilustrasi jalan tol. ShutterstockIlustrasi jalan tol.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

MEDAN, KOMPAS.com - Dua jalan tol proyek strategis nasional di Sumatera Utara, yaitu Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebingtinggi serta Jalan Tol Medan - Binjai, ditargetkan selesai dan dapat dioperasikan pada 2017 ini.

Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi meminta semua stakeholder terkait agar berupaya maksimal menuntaskan pengerjaaan kedua ruas jalan tol tersebut sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat pada mudik Lebaran nanti.

(Baca juga Tahun Ini, Masyarakat Bisa Jajal Tol Trans-Sumatera)

"Kami minta semua stakeholder proaktif dan berupaya maksimal untuk menuntaskan pembangunan ini, khususnya untuk pembebasan lahan. Permasalahan pembebasan lahan menjadi faktor utama yang masih terus diselesaikan, juga persoalan hukum, sosial, teknis dan pemerintahan," kata Gubernur, Senin (6/3/2017).

Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebingtinggi terbagi atas tujuh seksi dengan perkembangan pengadaan lahan yang bervariasi.

Untuk Seksi 1A (Tanjungmorawa - Tanjungbaru) pengadaaan lahan hingga saat ini mencapai 74,72 persen. Seksi 1B (Tanjungmorawa A-Junction Lubukpakam - Interchange Paluhkemiri) mencapai 99,03 persen.

Seksi II (Interchange Paluhkemiri - Junction Kualanamu) sudah 100 persen. Untuk Seksi III (Parbarakan - Lubukpakam) pengadaan lahan mencapai 99,95 persen. Seksi IVA (Lubukpakam - Adolina) mencapai 92,20 persen, sedangkan Seksi IVB (Adolina -Perbaungan) mencapai 94,06 persen.

Untuk Seksi V (Perbaungan - Telukmengkudu) pembebasan lahan mencapai 92,76 persen, untuk Seksi VI (Telukmengkudu - Seirampah) mencapai 91,59 persen dan Seksi VII (Seirampah - Tebingtinggi) baru mencapai 43,76 persen.

"Saya harap kita semua dapat bersinergi dan proaktif untuk pembangunan ini," tegas Erry.

(Baca juga Jokowi Ingin Infrastruktur di Sumatera Utara Terus Digenjot)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.