Kompas.com - 08/03/2017, 11:00 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerja sama negara-negara anggota Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Association (IORA) diyakini menjadi momentum Indonesia untuk meningkatkan kinerja ekspor.

Pasalnya, pasar baru tujuan ekspor makin terbuka luas lewat sejumlah kesepakatan bisnis yang terjadi di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) IORA di Jakarta saat ini.

Ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi mengatakan, negara-negara yang tergabung dalam IORA ini merupakan negara yang sifatnya non-tradisional tetapi potensial. Selama ini partner dagang tradisional Indonesia adalah China, Jepang, dan Amerika Serikat.  

Menurut dia, strategi yang harus diambil Indonesia ke depan adalah memperlebar portofolio ke negara-negara non-tradisional. Dengan demikian Indonesia tidak tergantung pada kondisi negara-negara mitra dagang tradisional tersebut.

Sehingga jika ada krisis atau penurunan permintaan di negara mitra dagang tradisional, tidak akan berdampak negatif untuk Indonesia.

"Bicara IORA, cakupannya sangat luas melibatkan beberapa daerah ekonomi seperti ASEAN, SAARC (untuk negara-negara Asia Selatan), lalu ada Australia dan Afrika. Ini melibatkan banyak negara dan besar sekali potensi kerja samanya,” tutur Fithra.

Beberapa komoditas andalan Indonesia yang bisa didorong adalah komoditas-komoditas unggulan seperti kopi, produk-produk pertanian dan tekstil. Ke depan juga bisa dijajaki ekspor spare part dan komponen elektronik.

Fithra menyarankan, peningkatan kerja sama bisa dimulai dari negara dengan ukuran GDP yang cukup besar dan jarak yang tidak terlalu jauh seperti Australia dan India.

“Namun tidak menutup kemungkinan untuk mulai menggarap pasar Afrika. Negara Afrika Selatan bisa menjadi pintu masuk ekspor Indonesia ke benua Afrika,” lanjut dia.

Pada 2016 potensi pasar Afrika mencapai 550 miliar dollar AS, tetapi realisasi ekspor Indonesia ke sana baru mencapai 4,2 miliar dollar AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.