Berhadiah Rp 100 Juta, Peserta Program Desa Bebas Api RAPP Meningkat

Kompas.com - 08/03/2017, 18:19 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan. ABCIlustrasi kebakaran hutan.
|
EditorAprillia Ika

PELALAWAN, KOMPAS.com - Guna meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) PT Riau Andalan Pulp & Paper ( RAPP) mengoptimalkan program desa bebas api di Provinsi Riau. 

Saat dimulai pada 2014, program ini baru diikuti oleh tiga desa di dua kecamatan Kabupaten Pelalawan. Satu tahun kemudian, peserta program ini meningkat menjadi sembilan desa di dua kecamatan Kabupaten Pelalawan.

Hingga 2017 ini, program desa bebas api telah diikuti oleh 18 desa yang tersebar di tiga kabupaten yaitu, Pelalawan, Siak, dan Kepulauan Meranti.

Naiknya jumlah desa yang bergabung dalam program ini bukanlah tanpa alasan. Hal ini karena pihak RAPP memberikan reward yang menarik kepada desa yang telah sukses mencegah pembakaran lahan di wilayahnya.

Reward tersebut berupa pemberian Rp 100 juta non-cash atau dalam bentuk program jika sebuah desa telah sukses menerapkan zero api.

Sementara, jika masih ada pembakaran lahan, desa yang bersangkutan hanya akan diberikan setengahnya yaitu Rp 50 juta.

"Hadiah ini tidak diberikan dalam bentuk uang melainkan barang atau dalam bentuk pembangunan infrastruktur," kata Lurah Pelalawan, Edi Arifin di kantornya, Rabu (8/3/2017).

Adapun dalam segi penilaian, desa akan dinilai oleh sebuah komite yang terdiri dari berbagai pihak mulai dari pemerintahan, tokoh masyarakat, hingga lembaga swadaya masyarakat.

"Mereka yang akan menentukan apakah sebuah desa itu zero api atau tidak," tutur Edi.

Salah satu kelurahan yang mengikuti program ini dalam tiga tahun terakhir adalah Kelurahan Pelalawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X