Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Minta Operator Ro-Ro Gunakan Kapal yang Lebih Cepat

Kompas.com - 08/03/2017, 23:22 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta operator kapal Ro-Ro agar menggunakan kapal yang berusia muda pada rute Panjang-Jakarta-Semarang-Surabaya-Padangbay-Lembar. Hal ini, bertujuan untuk mempercepat waktu tempuh dari pelayaran rute tersebut.

"Jakarta-Surabaya kalau dia (operator kapal) menggunakan kapal dengan kecepatan lebih dari 20 knot maka waktu tempuh lebih cepat, kalau kurang dari 20 knot memang lebih lambat. Untuk itu saya minta ASDP dan operator swasta cari kapal yang punya kecepatan di atas 20 knot sehingga harga kompetitif tapi kecepatan tetap dapat, " ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Budi Karya menuturkan, dalam kurun waktu satu tahun ini terdapat tiga kapal Ro-Ro per hari yang melayani lintas Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang, Lampung. Tiga kapal tersebut dapat mengangkut 500 truk.

Budi Karya mengaku puas dengan kapal Ro-Ro yang melayani lintas Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang, Lampung. "Kapal ini saya pikir diatas ekspektasi saya, kelas VIP nya bagus, kantinnya bagus, kapalnya bagus, tapi yang harus kita perbaiki adalah promosi. Promosi belum dilakukan. Tingkat okupansi masih 60 persen, penumpang 20 persen. Promosi harus segera dilakukan," imbuhnya.

Ke depan pihaknya berencana bersama Perum Damri dan PPD untuk menyediakan bus gratis dari sejumlah titik untuk mengangkut penumpang yang akan menggunakan kapal Ro-Ro.

Menurut dia, dengan berpindahnya angkutan truk dari jalan raya ke kapal ternyata biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis,. "Menggunakan kapal itu lebih ekonomis dibandingkan menggunakan jalan. Karena apa? Satu, karena sparepart, kedua karena (ongkos) tol, ketiga biaya BBM solar, dan keempat karena di jalan ada banyak orang yang harus dikasih," katanya.

Sementara itu, Budi Karya menargetkan sebelum bulan Juni kapal Ro-Ro rute Jakarta-Surabaya bakal beroperasi. "Kita ingin sebelum puasa, kapal Ro-Ro Jakarta - Surabaya sudah berangkat," tandasnya.

Sebagai informasi, lintasan kapal Ro-Ro yang saat ini sudah beroperasi adalah lintasan Lampung - Jakarta oleh kapal swasta dan lintasan Surabaya - Lembar oleh PT. ASDP Indonesia Ferry. Adapun lintasan Jakarta - Surabaya akan segera beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com