Bahana Securities: IHSG Berpotensi Lanjutkan Pelemahan

Kompas.com - 09/03/2017, 08:39 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (9/3/2017) diperkirakan akan bergerak bervariasi cenderung melemah terbatas di kisaran 5.387-5.435.

"Saham-saham yang dapat diperhatikan antara lain PWON, RALS, SMCB, VIVA, dan WSKT," tulis riset Bahana Securities, Kamis.

Pada perdagangan Rabu (8/3/2017) IHSG ditutup di level 5.393,76 atau melemah 0,16 persen terhadap penutupan sebelumnya.

Sejak awal bulan indeks naik 0,13 persen, dan sejak awal tahun naiknya 1,83 persen. IHSG masih bergerak flat tertahan isu geopolitik yang juga berdampak negatif pada sejumlah bursa global.

"Penantian pada data tenaga kerja AS yang akan menentukan Fed Rate membuat investor asing memilih sikap wait and see," tulis riset Bahana Securities.

Investor asing tercatat melakukan net buy sebesar Rp 634 miliar di pasar reguler. Dengan demikian, sejak awal bulan tercatat net buy Rp 1,1 triliun, dan sejak awal tahun tercatat net buy Rp 1,9 triliun.

Lima saham yang banyak dibeli asing di pasar reguler yaitu BBRI (Rp 101,8 miliar), LPPF (Rp 55,6 miliar), UNTR (Rp 21,4 miliar), BRPT (Rp 19,7 miliar), serta RALS (Rp 16,1 miliar).

Sebanyak 141 saham mengalami kenaikan, 167 saham mengalami penurunan, 98 saham tidak mengalami perubahan, dan 172 saham tidak mengalami perdagangan. 

Lima saham dengan kapitalisasi besar yang menjadi motor pergerakan IHSG yaitu PGAS (-2,14 persen), TLKM (-1,77 persen), UNTR (-1,54 persen), ASII (-1,18 persen), dan INDF (-0,62 persen).

Nilai tukar rupiah kemarin ditutup pada level 13.353 per dollar AS atau menguat 0,13 persen terhadap penutupan sebelumnya. Sehingga sejak awal bulan rupiah menguat 0,13 persen. Namun, sejak awal tahun melemah 0,89 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.