Indonesia-Australia Diskusikan Kerja Sama Bidang Aviasi

Kompas.com - 09/03/2017, 10:58 WIB
Pertemuan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Menteri Pembangunan, Komunikasi dan Pemerintah Daerah dan Wilayah Australia Hon Fiona Nash di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (9/3/2017) KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIPertemuan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Menteri Pembangunan, Komunikasi dan Pemerintah Daerah dan Wilayah Australia Hon Fiona Nash di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (9/3/2017)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (9/3/2017) melakukan pertemuan dengan Menteri Pembangunan, Komunikasi dan Pemerintah Daerah dan Wilayah Australia Hon Fiona Nash di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta.

Pertemuan antara kedua Menteri tersebut dimulai pukul 08.30 WIB hanya berlangsung selama 15 menit.

Keduanya pun turun dari Ruangan Menhub Budi Karya yang berada di Gedung Karsa Kementerian Perhubungan Lantai 9.

Seusai pertemuan, Menhub Budi Karya mengatakan, pertemuan tersebut mendiskusikan bagaimana cara meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia.

Salah satunya, membicarakan mengenai kerja sama penerbangan antara kedua negara.

"Secara khusus kami bicara mengenai aviasi, obyek wisata, dan kemungkinan-kemungkinan Indonesia maupun Australia mengembangkan tempat-tempat di kedua negara," ujar Menhub Budi Karya.

Budi Karya menjelaskan, Australia menawarkan dua tempat yang bisa diterbangi maskapai Indonesia. Kedua tempat itu yakni, Pulau Natal atau Christmas Island dan Brisbane.

"Jadi bagaimana kita menerbangi Christmas Island. Di sana juga ada suatu tempat di Brisbane yang menarik sekali. Beliau menawarkan supaya kita bisa memikirkan bagaimana kolaborasi di tempat itu," jelasnya.

(Baca: Garuda Indonesia Bakal Tambah Frekuensi Penerbangan ke Australia)

Sementara itu, Menteri Pembangunan, Komunikasi dan Pemerintah Daerah dan Wilayah Australia Hon Fiona Nash mengatakan pihaknya melakukan pertemuan untuk meningkat hubungan yang lebih kuat antara kedua negara. Menurut dia, pertemuan ini akan terus berlanjut.

"Jadi bagaimana kita bisa mencari peluang dan juga diskusi tentang kepentingan bisnis dari Indonesia dan Australia. Untuk lagi kesempatan untuk meningkatkan cara kita melakukan transportasi, pendekatan kami untuk memperluas kedua ekonomi kita," tandasnya.

Sekadar informasi, Indonesia dan Australia telah menjajaki kerja sama di berbagai bidang. Di bidang Transportasi, Indonesia dan Australia kerja sama transportasi khusunya pada safety (keselamatan) dan security (keamanan).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X