Harga Tiket Kereta Bandara Tak Lebih dari Rp 100.000 Per Penumpang

Kompas.com - 13/03/2017, 06:24 WIB
Sebuah Kereta Rel Listrik (KRL) melaju di samping lokasi pembangunan Stasiun Sudirman Baru di Jakarta, Senin (6/3/2017). Stasiun yang terintergrasi dengan stasiun MRT itu hanya akan melayani penumpang dari Stasiun Manggarai menuju bandara Soekarno Hatta melewati Stasiun Sudirman Baru, Duri, dan Batu Ceper sebagai stasiun pemberhentian dan diperkirakan selesai pada tahun 2017. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGSebuah Kereta Rel Listrik (KRL) melaju di samping lokasi pembangunan Stasiun Sudirman Baru di Jakarta, Senin (6/3/2017). Stasiun yang terintergrasi dengan stasiun MRT itu hanya akan melayani penumpang dari Stasiun Manggarai menuju bandara Soekarno Hatta melewati Stasiun Sudirman Baru, Duri, dan Batu Ceper sebagai stasiun pemberhentian dan diperkirakan selesai pada tahun 2017.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan Kereta Bandara Soekarno Hatta akan mampu mengangkut 33.000 penumpang per hari.

"Ini ( kereta bandara) direncanakan akan bisa mengangkut 33.000 penumpang per hari," ujar Menhub saat meninjau proyek KA Bandara di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (12/3/2017).

Menurut Menhub 33.000 penumpang per hari merupakan 20 persen orang yang menju Bandara Soekarno Hatta setiap harinya.

"Kami akan bicarakan lagi kedepannya sehingga bisa lebih banyak yang ditampung oleh kereta bandara ini," jelas Menhub.

Menurutnya, pembangunan KA Bandara diproyeksikan selesai pada Juni 2017 kemudian bulan Juli atau Agustus sudah bisa beroperasi penuh atau dapat digunakan oleh masyarakat.

Untuk harga tiket KA Bandara ini, Menhub menyatakan harganya tidak akan lebih dari Rp 100.000 per orang. "Batas atas kira-kira Rp 100 ribu," paparnya.

Sementara untuk jarak tempuh KA Bandara ini diproyeksikan akan mampu mengantarkan penumpang dari stasiun Manggarai selama 54 menit ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan jika dari stasiun Dukuh Atas memakan waktu 45 menit menuju Bandara.

KA Bandara rencananya akan melalui dua jalur. Rute pertama adalah Stasiun Manggarai - Stasiun Sudirman Baru -Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Bandara Soetta. Sementara rute kedua, Stasiun Jakarta kota - Stasiun Kampung Bandan - Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Bandara Soetta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X