Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2017, 10:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON, KOMPAS.com - Para trader di pasar finansial memandang sudah tidak bisa dihindari lagi bahwa bank sentral AS Federal Reserce akan menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) pada pekan ini.

Keyakinan tersebut sejalan dengan membaiknya serapan tenaga kerja. Mengutip BBC, Senin (13/3/2017), ekspektasi kenaikan FFR sudah mencapai 100 persen.

Kalau benar terjadi, maka ini akan menjadi kenaikan suku bunga acuan ketiga kali dalam satu dekade. Para analis menyatakan probabilitas kenaikan FFR melonjak pada akhir pekan lalu setelah laporan serapan tenaga kerja pada Februari 2017 menunjukkan angka yang mengesankan.

Menurut data Biro Statistik Tenaga Kerja AS, korporasi-korporasi AS menyerap 235.000 tenaga kerja baru, di atas ekspektasi para ekonom.

Pekan lalu, Gubernur The Fed Janet Yellen menyatakan, bank sentral bisa saja menaikkan FFR pada Maret 2017 bila data serapan tenaga kerja dan inflasi memenuhi ekspektasi.

The Fed terakhir kali menaikkan FFR pada Desember 2016 lalu menjadi kisaran 0,5 hingga 0,75 persen.

"Tingkat probabilitas tersebut sangat tidak bisa dihindari. Mereka (The Fed) pada dasarnya harus menaikkan suku bunga karena pasar mengekspektasikan demikian," ujar Kathleen Brooks, direktur riset di City Index.

Para trader juga mengekspektasikan adanya kenaikan FFR sebanyak dua kali lagi pada tahun ini. Adapun pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) akan digelar The Fed pada Selasa dan Rabu, 14 dan 15 Maret 2017.

Pertumbuhan serapan tenaga kerja terus bergerak pesat dalam beberapa bulan terakhir. Angka pengangguran merosot ke 4,7 persen dan sektor konstruksi menyerap tenaga kerja tertinggi dalam hampir satu dekade terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com