Ini Makna Logo Stiker pada Taksi "Online"

Kompas.com - 14/03/2017, 17:38 WIB
Desain stiker taksi online dari Kementerian Perhubungan KOMPAS.com/YOGA SUKMANA Desain stiker taksi online dari Kementerian Perhubungan
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengenakan stiker khusus pada taksi online. Stiker ini untuk membantu memudahkan masyarakat mengenali taksi online yang menggunakan kendaraan pribadi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto menerangkan, logo stiker tersebut berbentuk lingkaran berwarna biru yang di dalamnya terdapat huruf T. Selain itu, terdapat lambang sinyal dalam desain stiker.

Pengenaan stiker ini sejalan dengan revisi mengenai jenis angkutan sewa. Taksi online disebut bukan lagi masuk dalam kategori angkutan umum, tapi angkutan sewa khusus.

"Bentuk lingkaran itu melambangkan roda ban pada taksi online," ujar Pudji saat ditemui di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (14/3/2017). Selanjutnya, kata Pudji, Huruf T pada logo stiker tersebut menggambarkan persimpangan jalan.

Selain itu, Huruf T juga bisa diartikan sebagai singkatan dari kata Taksi. "Warna biru itu melambangkan cinta akan angkutan aplikasi ini," katanya.

Menurut Pudji, desain logo tersebut sudah disosialisasikan kepada semua pemangku kepentingan. Stiker akan dikenakan setelah angkutan taksi online lolos uji kelaikan kendaran angkutan atau KIR. "Kita sudah uji publik stiker ini," tandasnya.

Kemenhub belum memastikan apakah stiker akan ditempelkan di sebelah kanan, tengah, atau kiri bagian depan kendaraan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerapkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelengaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek mulai April 2017. Dengan demikian, jika ada taksi online yang melanggar akan dikenakan sanksi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X