Ini Kata Menteri Susi Soal Rusaknya Terumbu Karang di Raja Ampat

Kompas.com - 14/03/2017, 17:46 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat diwawancarai wartawan di Teluk Tihlepuai, Desa Morela Kecamatan Leihitu Kaupaten Maluku Tengah, Jumat (16/12/2016). Kontributor Ambon, Rahmat Rahman PattyMenteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat diwawancarai wartawan di Teluk Tihlepuai, Desa Morela Kecamatan Leihitu Kaupaten Maluku Tengah, Jumat (16/12/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesembronoan nahkoda kapal pesiar MV Caledonian Sky yang memiliki bobot 4.200 GT telah membuat beberapa terumbu karang yang ada di Raja Ampat Papua rusak berat.

Peristiwa tersebut pun mendapat banyak kecaman dan tanggapan salah satunya dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri nyentrik yang telah menenggelamkan ratusan kapal illegal fishing ini mengaku siap berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lain untuk membahas kasus rusaknya terumbu karang tersebut.

"Ya kita koordinasi saja dengan pihak terkait," kata Susi di Jakarta, Selasa (14/3/2017). Terkait gugatan ganti rugi kepada pemilik kapal MV Caledonian Sky, Susi menyerahkan hal tersebut kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). "Itu Kementerian LHK yang menilai," tegasnya.

Sekadar informasi, untuk menyelesaikan kasus ini, pemerintah membentuk sebuah sebuah tim bersama yang terdiri dari beberapa kementerian dan lembaga. Tim terdiri dari Kementerian koordinator bidang Kemaritiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian LHK, Kementerian Perhubungan Kementerian Pariwisata, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung, Polri hingga Pemda.

Kompas TV Terumbu Karang Raja Ampat Rusak Akibat Kapal Kandas

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X