Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata Menteri Susi Soal Rusaknya Terumbu Karang di Raja Ampat

Kompas.com - 14/03/2017, 17:46 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesembronoan nahkoda kapal pesiar MV Caledonian Sky yang memiliki bobot 4.200 GT telah membuat beberapa terumbu karang yang ada di Raja Ampat Papua rusak berat.

Peristiwa tersebut pun mendapat banyak kecaman dan tanggapan salah satunya dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri nyentrik yang telah menenggelamkan ratusan kapal illegal fishing ini mengaku siap berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lain untuk membahas kasus rusaknya terumbu karang tersebut.

"Ya kita koordinasi saja dengan pihak terkait," kata Susi di Jakarta, Selasa (14/3/2017). Terkait gugatan ganti rugi kepada pemilik kapal MV Caledonian Sky, Susi menyerahkan hal tersebut kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). "Itu Kementerian LHK yang menilai," tegasnya.

Sekadar informasi, untuk menyelesaikan kasus ini, pemerintah membentuk sebuah sebuah tim bersama yang terdiri dari beberapa kementerian dan lembaga. Tim terdiri dari Kementerian koordinator bidang Kemaritiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian LHK, Kementerian Perhubungan Kementerian Pariwisata, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung, Polri hingga Pemda.

Kompas TV Terumbu Karang Raja Ampat Rusak Akibat Kapal Kandas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com