Kenali Risiko dan Manfaat Investasi Reksa Dana

Kompas.com - 14/03/2017, 18:11 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
|
EditorM Fajar Marta

SURABAYA, KOMPAS.com – Untuk mencapai tujuan finansial dalam hidup, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menginvestasikan dana yang Anda miliki. Dari sekian banyak produk investasi yang ditawarkan saat ini, salah satu produk menarik yang bisa Anda pilih adalah reksa dana.

Investment Analyst PT Sucorinvest Asset Management Billy Budiman mengatakan, investasi melalui reksa dana adalah investasi di pasar modal secara tidak langsung yang sangat populer di dunia. Di Indonesia, reksa dana mulai diperkenalkan pada tahun 1995.

Reksa dana memberikan akses kepada investor kecil untuk menikmati hasil investasi di pasar modal,” ujar Billy pada acara Capital Market Update di Spazio Surabaya, Selasa (14/3/2017).

Billy menyatakan, saat ini ada 81 perusahaan manajer investasi yang bertindak sebagai pengelola reksa dana di Indonesia. Pun kini terdapat 700 produk reksa dana di pasar modal Indonesia.

Lalu, apa sebenarnya manfaat investasi di reksa dana? Billy menjelaskan, reksa dana diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman.

Selain itu, reksa dana juga menawarkan kemudahan berinvestasi, yakni terjangkau serta proses pembelian dan penjualan yang mudah. Di samping itu, jika dibutuhkan, investor juga dapat sewaktu-waktu mencairkan dananya.

Pun reksa dana juga memiliki sifat ragam, sehingga dapat mengurangi risiko dan mengotimalkan hasil investasi. Investor pun dapat melihat Nilai Aktiva Bersih (NAB) karena dipublikasikan setiap hari.

Adapun beberapa risiko reksa dana adalah risiko berkurangnya nilai unit penyertaan yang timbul karena pergerakan harga-harga efek. Ada juga risiko kredit, yakni wanprestasi emiten dalam membayar pokok dan/atau bunga efek bersifat utang.

Risiko lain adalah berkurangnya nilai efek dalam mata uang asing karena perubahan nilai tukar. Selain itu, risiko lain yang bisa muncul adalah berubahnya nilai efek karena perubahan kebijakan politik dan ekonomi yang dapat mempengaruhi kinerja emiten.

Kompas TV Kapan Waktu Yang Tepat Berinvestasi Reksa Dana?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X