Sebelum Investasi, Perhatikan Empat Hal Ini

Kompas.com - 14/03/2017, 18:47 WIB
Ilustrasi investasi www.shutterstock.comIlustrasi investasi
|
EditorAprillia Ika

SURABAYA, KOMPAS.com – Dalam mencapai tujuan keuangan, investasi memiliki peran yang penting. Investasi adalah mengalokasikan dana yang dimiliki guna mencapai tujuan finansial baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang.

Investment Analyst PT Sucorinvest Asset Management Billy Budiman menjelaskan, ada tiga hal utama yang mendasari perunya investasi.

Pertama, adanya kebutuhan saat ini atau masa depan yang belum dipenuhi saat ini. Adapun alasan kedua adalah ada keinginan untuk meningkatkan atau melindungi nilai aset yang sudah dimiliki dan ada faktor inflasi.

Namun begitu, bukan berarti investasi tidak perlu dilakukan tanpa perencanaan matang. Billy menilai, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi.

Pertama, kondisi keuangan Anda harus positif. “Periksa kembali pos-pos pengeluaran dan kurangi jika masih terjadi defisit,” ungkap Billy dalam acara Capital Market Update di Spazio Surabaya, Selasa (14/3/2017).

Kedua, utang konsumtif seperti misalnya kartu kredit harus dilunasi. Billy mengatakan, adalah hal yang tidak bijaksana ketika Anda harus membayar bunga kartu kredit sebesar 23 persen per tahun, sementara investasi hanya sekitar 10 sampai 20 persen.

Ketiga, Anda harus memiliki dana darurat. Dana ini hanya bisa digunakan dalam keadaan darurat, seperti pemutusan hubungan kerja (PHK), kecelakaan diri, menolong keluarga, dan hal-hal lain yang tak diinginkan.

“Keempat, Anda juga harus memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka keluarga yang ditinggalkan masih bisa hidup untuk kurun waktu yang lebih lama,” tutur Billy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X