Harga Minyak dan Saham Maskapai Seret Wall Street ke Zona Merah

Kompas.com - 15/03/2017, 06:29 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di bursa AS ditutup melemah di akhir perdagangan Selasa watu setempat atau Rabu (15/3/2017) dini hari.

Pelemahan disebabkan oleh turunnya harga minyak serta saham-saham maskapai penerbangan menyusul badai salju menghantam AS bagian timur laut.

Di sisi lain, saham perusahaan-perusahaan penyedia layanan kesehatan juga memerah disebabkan oleh munculnya riset yang memprediksi bahwa 14 juta penduduk AS akan kehilangan asuransi kesehatan pada tahun depan seiring dengan usulan yang diajukan oleh Republikan.

Indeks Dow Jones Industrial Average melemah 44,11 poin atau 0,21 persen ke level 20.837,37, Sementara itu indeks S&P 500 kehilangan 8,02 poin atau 0,34 persen ke level 2.365,45 dan indeks Nasdaq Composite berakhir melemah 18,97 poin atau 0,32 persen menjadi 5.856,82.

Sementara itu, perdagangan yang terjadi di lantai bursa AS relatif tipis menyusul pertemuan yang digelar oleh The Fed, yang diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin.

Saham-saham maskapai penerbangan ditutup memerah seiring dengan badai salju menerpa wilayah dengan populasi paling banyak di AS, yakni di bagian timur laut.

Saham maskapai United anjlok 4,7 persen ke level 66,55 dollar AS, sedangkan saham maskapai Southwest Airlines turutn 3persen di sesi penutupan. Adapun American Airlines melemah 2,7 persen di akhir sesi perdagangan.

Harga minyak ditutup turun dan berada di level terendah sejak November setelah OPEC melaporkan stok minyak berlimpah Di sisi lain, organisasi itu juga memprediksi bahwa produksi minyak pada tahun ini akan naik. Hal ini memunculkan sinyal mengenai kompleksnya upaya untuk mengurangi stok dan menjaga harga komoditas ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.