Produk Industri Keramik Lokal Tembus Pasar Global

Kompas.com - 17/03/2017, 07:18 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengapresiasi kinerja para pelaku industri keramik nasional yang mampu menembus pasa ekspor internasional.

Saat ini, menurut Menperin Airlangga, industri keramik nasional sudah menjadi salah satu sektor unggulan ekspor. Hal ini didukung oleh ketersediaan bahan baku berupa sumber daya alam yang tersebar di wilayah Indonesia.

Dia menjelaskan, saat ini dengan kapasitas produksi keramik nasional sebesar 350 juta meter persegi. Dengan demikian, industri keramik telah mampu memenuhi kebutuhan keramik dalam negeri.

"Dengan jumlah kapasitas produksi saat ini, sekitar 87 persen untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, dan sisanya untuk ekspor ke negara-negara di kawasan Asia, Eropa dan Amerika," jelas Airlangga melalui siaran pers, Kamis (16/3/2017).

Airlangga meminta produsen keramik melakukan diversifikasi produk dengan berbagai desain serta menggunakan motif khas Indonesia untuk meningkatkan permintaan dari konsumen.

“Prospek industri keramik nasional juga dapat dilihat dari pemakaian konsumsi keramik di Indonesia yang masih lebih rendah dibandingkan di negara ASEAN lainnya,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Airlangga, yang juga tidak kalah penting adalah industri keramik perlu melakukan pembaruan sarana dan prasarana penunjang produksi.

"Misalnya, modernisasi pabrik dengan teknologi digital printing serta menggunakan peralatan produksi keramik dengan ukuran besar sesuai tren pasar luar negeri dan domestik," imbuhnya.

Menperin meyakini, industri keramik Indonesia mampu berkompetisi di era perdagangan bebas dan berekspansi ke mancanegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.