Tiket Lebaran, PT KAI Imbau Calon Penumpang Membeli Secara "Online"

Kompas.com - 19/03/2017, 21:37 WIB
Ilustrasi: Penumpang memasuki gerbong kereta Kontributor Banyuwangi, Ira RachmawatiIlustrasi: Penumpang memasuki gerbong kereta
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menghimbau kepada calon penumpang untuk tidak membeli tiket kereta api mudik Lebaran di loket stasiun.

Calon penumpang disarankan untuk membeli tiket secara online. Senior Manager Hubungan Masyarakat PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Suprapto menerangkan, pembelian tiket di loket tidak efektif.

Sebab, jam operasional tiket di loket dibatasi, yang mana dibukai mulai 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

"Pembelian di loket juga harus mengantri. Jadi tidak efektif," ujar Suprapto saat dihubungi, Jakarta, Minggu (19/3/2017). 

Suprapto mengungkapkan, banyak keuntungan yang calon penumpang jika membeli tiket kereta api secara online. Salah satunya, bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun.

"Sekarang layanannya sudah online dan terbuka. Belum lagi untuk pembelian di Indomaret,  Alfamart atau online lainnya, ada potongan harga eksternal channel sebesar Rp 7.500. Jadi harganya kalau beli lebih dari dua lebih murah," ujarnya.

Sebelumnya, tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran sudah bisa dipesan pada 17 Maret 2017. Dalam Lebaran ini, PT KAI menerapkan sistem pemesanan tiket H-90 atau selama tiga bulan sebelum keberangkaan.

Artinya, jika seseorang memesan tiket pada tanggal 17 Maret 2017 maka jadwal keberangkatannya pada 15 Juni 2017. Pemesanan tiket untuk angkutan lebaran berakhir pada 7 April 2017 dengan tanggal pemberangkatan pada 6 Juli 2017.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X