Tarif Listrik Nonsubsidi Tak Akan Naik Hingga Juni 2017

Kompas.com - 24/03/2017, 16:19 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan, tarif listrik yang masuk dalam kategori nonsubsidi tidak akan naik hingga Juni 2017.

Bahkan, mantan Menteri Perhubungan ini akan mengusahakan agar tarif listrik nonsubsidi menjadi lebih murah melalui program-program yang akan digulirkan Kementerian ESDM.

"Tarif listrik April hingga Juni tidak naik, kita akan coba listrik makin lama makin terjangkau," kata Jonan di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Guna menekan tarif listrik agar lebih murah, pemerintah menempuh cara dengan menerapkan pengaturan harga listrik pembangkit dengan tenaga batu bara (PLTU) sesuai biaya pokok penyediaan (BPP) secara nasional.

Pengaturan‎ harga listrik PLTU dipercaya akan membuat BPP lebih efisien dan efektif, dengan begitu tarif listrik bisa lebih kompetitif dan terjangkau untuk masyarakat.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Peraturan Menteri ESDM nomor 19 tahun 2017, menetapkan harga listrik PLTU berbahan bakar batu bara sesuai biaya pokok penyediaan atau BPP secara nasional.

Pengaturan harga listrik PLTU tersebut akan membuat BPP pembangkit lebih efisien, sehingga tarif listrik pun menjadi kompetitif. Permen tersebut membagi harga listrik PLTU menjadi dua bagian yakni mulut tambang dan nonmulut tambang.

Untuk PLTU mulut tambang, jika BPP setempat lebih rendah dari BPP nasional, maka harga patokan tertinggi mengacu pada 75 persen BPP setempat. Jika BPP setempat lebih tinggi dari nasional, maka harga patokan tertinggi mengacu pada 75 persen BPP nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.