Ketika Ibu Rumah Tangga Dilatih Jadi Programer Komputer

Kompas.com - 24/03/2017, 19:54 WIB
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakiri, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo pada acara Bekraf Coding Mum di Jakarta, Jumat (24/3/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANMenteri Tenaga Kerja Hanif Dakiri, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo pada acara Bekraf Coding Mum di Jakarta, Jumat (24/3/2017).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) memberikan pelatihan berupa bahasa pemrograman komputer alias coding bagi ibu rumah tangga dan buruh migran Indonesia.

Pelatihan ini dinamakan Coding Mum. Untuk menyukseskan program pelatihan ini, Bekraf menggandeng Kementerian Ketenagakerjaan dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menjelaskan, program Coding Mum telah dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Bekraf juga membidik beberapa negara yang memiliki basis buruh migran Indonesia untuk dijadikan lokasi penyelenggaraan pelatihan Coding Mum.

"Negara yang menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut di antaranya Singapura, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, dan Arab Saudi," kata Triawan di Kantor Kemenaker, Jumat (24/3/2017).

Triawan menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan para buruh migran wanita. Dengan demikian, ketika mereka pulang ke Indonesia, mereka bisa melakukan bisnis online dengan cara membuat laman usaha sendiri ataupun bekerja sebagai programmer.

"Multiplier effect (dampak rentetan) yang mereka berikan dapat menghasilkan lapangan pekerjaan dan sumber pendapatan baru," tutur Triawan.

Selain Bank Mandiri, Bekraf juga menggandeng PT Kolaborasi Ide Kreatif (Kolla Space) dalam pelaksanaan pelatihan Coding Mum. Targetnya, pelatihan ini dilakukan dalam 12 batch atau angkatan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, pihaknya akan menggandengkan program Coding Mum dengan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR yang dimiliki Bank Mandiri.

"Kami akan mensinergikan program coding mum dengan program Mandiri Sahabatku yang telah dilaksanakan sebelumnya di Hong Kong, Malaysia, Korea, dan Singapura," tutur Kartika.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X