Manajemen Bank Permata Tak Bisa Ungkap Debitur yang Bikin Kredit Macet

Kompas.com - 29/03/2017, 19:50 WIB
Manajemen PT Bank Permata Tbk (BNLI) usai RUPSLB dan RUPS Tahunan di Jakarta, Rabu (29/3/2017). Dua dari kiri adalah Direktur Utama Bank Permata Ridha DM Wirakusumah. KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIManajemen PT Bank Permata Tbk (BNLI) usai RUPSLB dan RUPS Tahunan di Jakarta, Rabu (29/3/2017). Dua dari kiri adalah Direktur Utama Bank Permata Ridha DM Wirakusumah.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Bank Permata Tbk (BNLI) menolak mengungkapkan nama-nama debitur yang menyebabkan kredit macet anak usaha PT Astra Internasional Tbk (ASII) itu membengkak.

Bukan tanpa alasan. Direktur Utama Bank Permata Ridha DM Wirakusumah menjelaskan, manajemen terikat ketentuan kerahasiaan bank yang diatur dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan.

Ridha memastikan, perkembangan restrukturisasi utang para debitur berjalan baik.

"(Tetapi) Soal spesifik nama, sebagai bank, ya Anda tahu lah ada Undang-undang Kerahasiaan Bank, tidak bisa komentar ya," kata Ridha ditemui usai RUPSLB dan RUPS Tahunan di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Yang jelas, kata dia masalah yang dihadapi para debitur bermacam-macam, sehingga tidak bisa melunasi kewajiban pembayaran utangnya.

"Ada yang memang tidak bisa bayar, (ada yang) enggak mau bayar. Tetapi, kami jalanin lah semuanya. Kami restrukturisasi dengan baik," kata Ridha.

Sebelumnya dilansir dari Kontan, Selasa (28/3/2017) hingga akhir 2016, rasio kredit macet (NPL) Bank Permata mencapai 8,83 persen atau tumbuh 609 basis poin secara tahunan. Disebutkan bahwa salah satu sumber kenaikan NPL berasal dari debitur Garansindo.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Irwan Lubis mengatakan, Garansindo merupakan perusahaan importir mobil mewah. Dia mengatakan, nilai kredit bermasalah Garansindo di bawah Rp 1,2 triliun.

Sementara itu, pihak Garansindo sendiri, dalam hal ini Community and DRE Assistant Manager Teleng Antariksa menyatakan, ia belum mengetahui pembiayaan Garansindo dari Bank Permata.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X