Membaik, Kredit Macet Bank Permata Turun Dekati Lima Persen

Kompas.com - 29/03/2017, 20:30 WIB
Manajemen PT Bank Permata Tbk (BNLI) usai RUPSLB dan RUPS Tahunan di Jakarta, Rabu (29/3/2017). Dua dari kiri adalah Direktur Utama Bank Permata Ridha DM Wirakusumah. KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIManajemen PT Bank Permata Tbk (BNLI) usai RUPSLB dan RUPS Tahunan di Jakarta, Rabu (29/3/2017). Dua dari kiri adalah Direktur Utama Bank Permata Ridha DM Wirakusumah.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Permata Tbk (BNLI) mengklaim telah mengalami perbaikan drastis dari sisi rasio kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) gross, hingga jelang akhir kuartal-i 2017.

"Sekarang (NPL gross) sekitar 6 persen. Tahun lalu kan kami mulainya dengan hampir 9 persen (8,83 persen). Jadi sudah cukup banyak melajunya," kata Direktur Utama Bank Permata Ridha DM Wirakusumah, di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Bahkan Ridha yakin, NPL gross Bank Permata sudah lebih baik kisaran 5,9 persen - 6 persen. Sedangkan untuk NPL net-nya, ia memperkirakan terjaga di 2,1 persen hingga 2,2 persen.

Ridha pun optimistis, hingga akhir tahun ini, NPL gross anak usaha PT Astra Internasional Tbk (ASII) itu bisa turun di bawah 5 persen.

"Caranya untuk mencapai di bawah 5 persen macam-macam. Satu, dengan berbenah kredit macet, dengan berbagai macam cara," ujar Ridha.

Kedua, lanjutnya, memperkuat fundamental pemberian kredit, misalnya dari segi kompetensi personalianya, kebijakan, otoritas atau wewenang, pemilihan industri dan nasabah penerima utang.

"Nasabahnya karakternya baik atau tidak. Kadang-kadang kalau sulit, ya tidak usah dikasih," katanya. "Jadi, kami perbaiki yang ada di buku (restrukturisasi). Tetapi, ke depan kami lebih berhati-hati," ucap Ridha.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca: Konglomerat Tahir Memburu Bank Permata)



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X