Jelang Penutupan, Pelaporan Harta "Tax Amnesty" Dekati Rp 4.700 Triliun

Kompas.com - 29/03/2017, 20:47 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga hari jelang penutupan program pengampunan pajak atau tax amnesty, pelaporan harta hampir menembus Rp 4.700 triliun. Dikutip dari data Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Rabu (279/3/2017) pukul 20.00 WIB, angka pelaporan harta melalui tax amnesty mencapai Rp 4.698 triliun.

Deklarasi harta di dalam negeri masih mendominasi dengan total Rp 3.522 triliun. Sisanya yaitu deklarasi harta di luar negeri Rp 1.030 triliun dan harta yang dibawa pulang ke Indonesia (repatriasi) Rp 146 triliun.

Adapun jumlah uang tebusan mencapai Rp 111 triliun, pembayaran uang tunggakan Rp 13 triliun, dan pembayaran bukti permulaan Rp 1,15 triliun. Total uang yang masuk ke kas negara mencapai Rp 125 triliun.

Seperi diketahui, program tax amnesty akan berakhir pada 31 Maret 2017. Setelah program itu berakhir, pemerintah akan melakukan penegakan hukum pajak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan akan menyisir semua data wajib pajak pasca berakhirnya program tax amnesty pada 31 Maret 2017 nanti. Penyisiran akan melibatkan sejumlah instansi lain hingga ke daerah.

"Kami akan melihat data bea cukai, perpajakan, sampai daerah akan kami lihat. Kami akan lakukan pelaksanaan undang-undang pajak secara konsisten," ujarnya dalam acara Farewell Tax Amnesty di Jakarta, akhir Februari lalu.

Perempuan yang kerap disapa Ani itu menegaskan, pemerintah akan melakukan tindakan hukum pasca program tax amnesty. Penegakkan hukum akan menyasar wajib pajak yang belum melaporkan hartanya dengan benar kepada negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.