Amankan Aset Negara, Bank Mandiri Gandeng Kejaksaan Agung

Kompas.com - 30/03/2017, 18:54 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menyelamatkan aset negara dari debitur nakal, PT Bank Mandiri (Persero) menandatangani kerja sama dengan Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI).

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas melalui keterangan tertulis Kamis (30/3/2017) menyampaikan, Kejagung RI nantinya akan membantu mengejar debitur nakal, sehingga dapat menghindari kerugian negara.

"Kami memiliki komitmen untuk menyelesaikan kredit macet dari debitur yang tidak memiliki itikad baik," kata Rohan.

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi koordinasi penegakan hukum tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang, penegakan hukum tindak pidana perbankan dan tindak pidana umum lainnya.

Selain itu, ruang lingkup kerja sama juga mencakup penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara, optimalisasi kegiatan pemulihan aset serta pengembangan sumber daya manusia.

"Melalui penandatanganan kerja sama ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak serta membantu pemerintah mengoptimalisasi perekonomian nasional," kata dia.

Rohan mengatakan, seiring bisnis Bank Mandiri yang semakin berkembang, risiko-risiko seperti kredit bermasalah atau Non Performing Loans (NPL) serta risiko hukum dalam melaksanakan kegiatan perbankan juga makin besar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, lanjut Rohan, melalui kerja sama ini diharapkan risiko tersebut dapat semakin ditekan dan dikelola dengan lebih baik.

"Kami yakinkan, kerja sama akan dijalankan dengan mengedepankan profesionalisme masing-masing pihak serta tetap memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku," tutur Rohan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X