Pacu Ekspansi, OCBC NISP Tak Bagikan Dividen

Kompas.com - 30/03/2017, 21:15 WIB
OCBC NISP KONTAN/ BaihakiOCBC NISP
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) pada hari ini menyepakati tidak ada pembagian dividen tahun buku 2016. Bank OCBC membukuan laba bersih 2016 sebesar Rp 1,8 triliun atau naik 19 persen secara tahunan.

"Tidak ada pembagian dividen karena kami mempertimbangkan kebutuhan modal jangka panjang, termasuk karena penerapan peraturan Basel III, maupun perkembangan usaha," kata Presiden Direktur Bank OCBC Parwati Surjaudaja kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2017).

Parwati mengatakan pada tahun ini NISP mengalokasikan belanja modal hingga Rp 500 miliar. Belanja modal tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis bank.

"Di tahun 2017 kami optimistis, dengan memperkuat model bisnis dan mengoptimalkan sinergi dengan OCBC Group, akan memberikan dorongan bagi Bank OCBC NISP mempertahankan akselerasi pertumbuhan berkesinambungan," ujar Parwati.

Sepanjang 2016 Bank OCBC mencatat kenaikan dana pihak ketiga sebesar 19 persen, menjadi Rp 103,6 triliun. Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) net terjaga di level 0,8 persen.

"Kinerja positif dan fundamental yang kokoh di sepanjang tahun 2016 memperlihatkan pertumbuhan bisnis Bank OCBC NISP yang berkesinambungan di tengah ekonomi nasional dan global yang menantang," kata Parwati.

Parwati menambahkan, disiplin dalam implementasi diversifikasi portfolio yang sesuai dengan prinsip kehati-hatian di segala lini memberikan kontribusi positif pada pencapaian target pertumbuhan bank.

Kinerja Bank OCBC NISP menunjukkan hasil positif dengan adanya kenaikan total aset sebesar 15 persen secara tahunan menjadi Rp 138,2 triliun. Pencapaian ini menempatkan Bank OCBC NISP sebagai bank swasta nasional terbesar ke-8 dari sisi total aset.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X