Luhut Ajak Taksi Konvensional Berkolaborasi dengan Perusahaan Aplikasi

Kompas.com - 30/03/2017, 21:34 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengajak perusahaan taksi konvensional untuk bekerja sama dengan penyedia aplikasi transportasi online seperti, GO-JEK, Uber, dan Grab.

Menurut dia, kolaborasi antara taksi konvensional dan taksi online diperlukan. Pasalnya, perkembangan teknologi semakin cepat. Sehingga, mau tidak mau masyarakat harus mengikuti perkembangan teknologi.

"Saya mohon teman-teman (taksi konvensional) yang lain bisa gabung. Teknologi begitu cepatnya membuat perubahan dalam kehidupan kita. Kita harus mulai lihat ke depan bagaimana teknologi ini akan mempengaruhi kita semua," ujar Luhut dalam peluncuran GO-BLUEBIRD di Hotel Borobudur, Kamis (30/3/2017).

Terkait dengan aturan taksi online, Luhut menuturkan, pemerintah hanya ingin mewujudkan keadilan antara taksi konvensional dengan taksi online.

Dia menegaskan pemerintah tidak bermaksud untuk melindungi salah satu pihak dalam merumuskan aturan tentang taksi online. 

"Kita harus selesaikan semua permasalahan dengan kearifan tanpa mengedepankan keinginan sendiri. Presiden selalu mengedepankan berkeadilan," katanya. 

Peraturan tersebut juga dirancang agar menciptakan kesetaraan bisnis antara taksi konvensional dan online.

Sekadar informasi, Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelengaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Rencananya peraturan ini akan diterapkan pada 1 April 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.