Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Akui Harga Cabai Terus Alami Penurunan

Kompas.com - 31/03/2017, 11:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga komoditas cabai belakangan ini mengalami tren penurunan harga, hal ini berbanding terbalik setelah harga cabai terus alami lonjakan dan tidak mampu diatur oleh pemerintah.

Haidir pedagang sayur mayur di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur mengatakan, dari minggu kedua pada Maret 2017 tren penurunan harga cabai telah terjadi.

"Iya ini sekarang (harga) sudah murah, contoh rawit merah Rp 50.000 sampai Rp 60.000 per kilogram, harganya sudah turun dari Rp 80.000 per kilogram sebelumnya," ujar Haidir kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2017).

Seperti diketahui, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur menjadi barometer atau tolak ukur harga bahan-bahan pokok seperti produk hortikultura di Jakarta. Haidir menambahkan, untuk komoditas lain yakni cabai merah keriting harganya pun relatif stabil.

"Kalau cabai merah kriting Rp 13.000 sampai Rp 15.000 per kilogram. Artinya sekarang harga sudah terjangkau sudah murah lah, kalau disini pasar induk memang sudah murah, yang masih mahal di pasar-pasar kecil aja," ungkapnya.

Sementara itu, untuk bulan Ramadhan tahun ini, dirinya memprediksi harga cabai tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan.

"Kalau untuk bulan Ramadhan ini sepertinya nggak ada pergerakan signifikan, Insya Allah terjangkau," paparnya.

Kompas TV Adakah Mafia Dibalik Mahalnya Cabai?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com