Kompas.com - 31/03/2017, 11:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga komoditas cabai belakangan ini mengalami tren penurunan harga, hal ini berbanding terbalik setelah harga cabai terus alami lonjakan dan tidak mampu diatur oleh pemerintah.

Haidir pedagang sayur mayur di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur mengatakan, dari minggu kedua pada Maret 2017 tren penurunan harga cabai telah terjadi.

"Iya ini sekarang (harga) sudah murah, contoh rawit merah Rp 50.000 sampai Rp 60.000 per kilogram, harganya sudah turun dari Rp 80.000 per kilogram sebelumnya," ujar Haidir kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2017).

Seperti diketahui, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur menjadi barometer atau tolak ukur harga bahan-bahan pokok seperti produk hortikultura di Jakarta. Haidir menambahkan, untuk komoditas lain yakni cabai merah keriting harganya pun relatif stabil.

"Kalau cabai merah kriting Rp 13.000 sampai Rp 15.000 per kilogram. Artinya sekarang harga sudah terjangkau sudah murah lah, kalau disini pasar induk memang sudah murah, yang masih mahal di pasar-pasar kecil aja," ungkapnya.

Sementara itu, untuk bulan Ramadhan tahun ini, dirinya memprediksi harga cabai tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan.

"Kalau untuk bulan Ramadhan ini sepertinya nggak ada pergerakan signifikan, Insya Allah terjangkau," paparnya.

Kompas TV Adakah Mafia Dibalik Mahalnya Cabai?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.