Aksi 313, Tak Ada Lonjakan Penumpang KA Jarak Jauh di Stasiun Jatinegara

Kompas.com - 31/03/2017, 19:05 WIB
Suasana di Stasiun Jatinegara Jakarta, Jumat (31/3/2017). Tidak terlihat adanya lonjakan penumpang di stasiun tersebut. KOMPAS.com/ACHMAD FAUZISuasana di Stasiun Jatinegara Jakarta, Jumat (31/3/2017). Tidak terlihat adanya lonjakan penumpang di stasiun tersebut.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi massa 313 yanhg digelar pada Jumat (31/3/2017) tidak terlalu mempengaruhi operasional kereta api jarak jauh di Stasiun Jatinegara.

Hal ini terlihat dari dari tidak ada penumpukan penumpang yang memadati Stasiun Jatinegara. 

Dari pantauan Kompas.com, penumpang commuter line atau kereta rel listrik (KRL) lebih mendominasi dibandingkan penumpang kereta api jarak jauh.

Wakil Kepala Stasiun Jatinegara Rizal mengatakan, meskipun ada lonjakan penumpang, tetapi masih dalam tahap wajar. Artinya tidak ada kepadatan penumpang yang terjadi di Stasiun Jatinegara. 

"Tetap ada lonjakan tetapi masih terkendali," ujar Rizal kepada Kompas.com di Stasiun Jatinegara Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Menurut dia, lonjakan penumpang kereta api jarak jauh terjadi menjelang sore hari yakni pada kereta api Argo Jati jurusan Jakarta-Cirebon dengan jumlah penumpang yang naik di Stasiun Jatinegara sebanyak 152 penumpang. 

"Lonjakan terjadi dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.00. Range penumpangnya antara 72 penumpang sampai 152 penumpang," jelasnya.

Meski demikian, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api jarak jauh, Rizal menambah dua mesin cetak boarding tiket yang terletak di pintu masuk Stasiun Jatinegara. 

"Selain itu kami juga menambah jumlah petugas keamanan sebanyak 10 orang. Sehingga total petugas keamanan menjadi 26 orang," tandasnya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menjadwalkan untuk memberhentikan kereta jarak menengah dan jarak jauh di Stasiun Jatinegara pada Jumat (31/3/2017) guna mengantisipasi dampak aksi 313.

Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto mengatakan kereta-kereta yang diberhentikan di Stasiun Jatinegara adalah pemberangkatan dari Stasiun Gambir.

"Bagi penumpang KA yang kesulitan untuk menuju akses masuk ke Gambir bisa mencari alternatif dengan naik dari Stasiun Jatinegara. Hal ini demi memudahkan pelayanan penumpang," ungkap dalam keterangan resminya Kamis (30/3/2017).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X