BEI Targetkan Kapitalisasi Pasar Tahun Ini Tembus Rp 6.600 Triliun

Kompas.com - 01/04/2017, 14:11 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad dan Dirut BEI Tito Sulistyo. KOMPAS.com/SABRINA ASRILPresiden Joko Widodo bersama Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad dan Dirut BEI Tito Sulistyo.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio menargetkan kapitalisasi pasar modal tahun 2017 mencapai Rp 6.600 triliun.

"Kami inginnya tahun ini market capitalization bisa mengalahkan total aset perbankan. Di atas Rp 6.500 triliun bahkan di atas Rp 6.600 triliun," kata Tito di Jakarta, Jumat malam (31/3/2017).

Pada akhir tahun lalu, kapitalisasi pasar modal mencapai Rp 5.753 triliun. Sedangkan hingga akhir Maret 2017, kapitalisasi pasar modal sudah menyentuh Rp 6.055 triliun.

Tito mengatakan, penambahan emiten di bursa akan mendorong pencapaian target kapitalisasi pasar modal.

Sementara itu ketika ditanyakan mengenai target indeks harga saham gabungan (ihsg), Tito mengaku tidak fokus pada IHSG.

"Saya cenderung bicara market cap, karena itu yang bisa dikerjakan bursa. Kalau indeks itu saya katakan kerja broker," ucap Tito.

Soal frekuensi transaksi harian, Tito menargetkan rata-rata frekuensi transaksi hingga akhir tahun bisa tembus 350.000 per hari. Saat ini, rata-rata frekuensi transaksi di bursa baru 337.000 per hari. Namun, frekuensi tersebut sudah mengalami peningkatan signifikan.

"Tahun kemarin hanya 264.000 per hari. Tahun sebelumnya, 222.000 per hari," ungkap Tito.

Adapun rata-rata nilai transaksi harian hingga akhir tahun ditargetkan di atas Rp 8 triliun. Saat ini, rata-rata nilai transaksi harian baru sekitar Rp 6,9 triliun - Rp 7 triliun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X