Pedagang: Jika Stok Pangan Aman, Harga Akan Mengikuti

Kompas.com - 04/04/2017, 07:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, jelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2017 yang perlu diperhatikan pemrintah adalah pasokan dan juga stok kebutuhan yang ada di pasar.

"Kalau stok aman di pasar, harga juga akan aman," ujar Mansuri kepada Kompas.com, Senin (3/4/2017).

Selain menjaga pasokan dan stok kebutuhan pokok, pemerintah juga perlu melakukan pemantauan harga di pasar.

"Pemerintah juga melakukan controlling saja dengan turun ke pasar, karena akan menenangkan secara psikologi pasar," jelasnya.

Menurutnya, pada saat ini harga pangan masih bisa alami kenaikan atau penurunan, karena momen Ramadhan masih dua bulan kedepan.

"Ini masih fluktuatif bisa naik, bisa turun, tergantung mekanisme pasar, biasanya faktor yang paling dominan ada di supply dan demand. Jika tidak ada kegaduhan, suplai aman saya rasa harga tidak akan naik," paparnya.

Berdasarkan data Badan Urusan Logistik (Bulog) pada saat ini untuk komoditas strategis seperti beras, daging, gula masih tersedia dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk beras saat ini Bulog memiliki stok hingga 1,9 juta ton yang mampu akan memenuhi kebutuhan selama 9 bulan mendatang.

Kemudian daging saat ini Bulog memiliki stok mencapai 40.000 ton dan akan dilakukan penambahan 50.000 ton daging kerbau. Sedangkan gula, Bulog memiliki stok hingga 400.000 ton gula pasir.

"Gula ini kami (Bulog) posisi terakhir punya stok 400.000 ton, dan posisi stok itu kami sudah menyebar, artinya jika ada gejolak kelangkaan atau kenaikan harga Insya Allah kami sudah siap intervensi setiap saat," pungkas Dirut Bulog Djarot Kusumayakti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.