First Asia Capital: Tren Positif IHSG Berlanjut

Kompas.com - 04/04/2017, 08:47 WIB
Ilustrasi pasar modal ThinkstockIlustrasi pasar modal
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) pada perdagangan hari ini Selasa (4/4/2017) diperkirakan akan berada pada rentang 5.580-5.620.

"Pada perdagangan hari ini, IHSG diperkirakan bergerak bervariasi dalam rentang terbatas namun masih bergerak dalam tren positif. IHSG berpeluang menguat terbatas," kata analis dari First Asia Capital, David Sutyanto, melalui keterangan tertulis, Selasa.

Saham-saham yang bisa menjadi pilihan antara lain ASII, TLKM, LSIP, AALI, ICBP, ADRO, INDY, UNTR, HMSP, dan SMGR.

IHSG pada perdagangan awal pekan kemarin, berhasil rebound melanjutkan tren kenaikan (bullish) dan ditutup di atas 5.600 yaitu 5.606,79 atau naik 38,69 poin.

Penguatan IHSG kemarin terutama dimotori aksi beli pemodal asing yang menyasar sejumlah saham sektoral yang bergerak di sektor barang konsumsi, perdagangan, aneka industri dan infrastruktur.

"Pemodal asing kemarin mencatatkan pembelian bersih hingga Rp 438,48 miliar. Sentimen positif pasar turut ditopang rilis data inflasi Maret 2017 yang mencatatkan deflasi 0,02 persen secara bulanan," kata David.

Pasar juga mulai mengantisipasi kinerja emiten kurtal-I 2017 yang diperkirakan tumbuh positif terutama yang berbasiskan tambang batu bara dan perkebunan seiring tren penguatan harga komoditasnya sepanjang kuartal-I 2017 yang tumbuh lebih kuat ketimbang periode yang sama 2016.

Sementara tadi malam Wall Street kembali terkoreksi. Indeks DJIA dan S&P masing-masing koreksi 0,06 persen dan 0,16 persen di 20.650,21 dan 2.358,84.

"Pasar merespon sejumlah rilis data ekonomi yang kurang menggembirakan," ujar David.

Indeks ISM Manufacturing PMI Maret 2017 berada di 57,2 di bawah bulan sebelumnya 57,7. Penjualan otomotif Maret di AS mencapai 16,62 juta unit di bawah perkiraan 17,4 juta dan angka bulan sebelumnya 17,6 juta unit.

Di luar sentimen rilis data ekonomi, pasar juga tengah menanti pertemuan Trump dengan Presiden China Xi Jinping Kamis pekan ini membahas sejumlah isu perdagangan internasional dan isu nuklir Korea Utara.

Sedangkan harga minyak mentah tadi malam koreksi 0,71 persen di 50,24 dollar AS per barel dan harga nikel di London Metal Exchange koreksi hingga 2,15 persen di 9.807 dollar AS per metric ton.

"Koreksi harga sejumlah komoditas ini akan berimbas negatif pada perdagangan saham sektoral berbasis komoditas logam," kata David.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X