Maret Deflasi, Menko Darmin Tetap Ingin Tekan Harga Gula dan Daging

Kompas.com - 04/04/2017, 14:11 WIB
Daging sapi di rumah pemotongan hewan Ciroyom Bandung, Selasa (5/7/2016). Dok PPSKIDaging sapi di rumah pemotongan hewan Ciroyom Bandung, Selasa (5/7/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah tetap akan berupaya menjaga laju inflasi terutama dari sisi harga pangan.

Meski terjadi Deflasi 0,02 pada Maret lalu, tak menyurutkan niat pemerintah tersebut. Bahkan Menko Darmin menyebutkan komoditas apa saja yang harganya akan ditekan turun.

"Masih ada komoditi yang bisa didorong turun misalkan gula dan daging," ujarnya di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Menko Darmin menuturkan, tidak semua harga pangan akan ditekan turun oleh pemerintah. Sebab bila harganya anjlok, petani akan terkena imbasnya.

"Misalnya beras, kalau didorong (harganya turun) lagi maka petaninya nanti yang terkena imbas," kata Menko Darmin.

Ia yakin bila harga pangan bisa dijaga stabil, maka inflasi juga akan ikut terjaga tidak melewati target 4 persen di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Sebelumya, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, andil bahan makanan terhadap deflasi Maret sebesar 0,14 persen.

Komoditas pangan yang berkontribusi terhadap deflasi antara lain cabai merah 0,08 persen, beras 0,03 persen, cabai rawit 0,03 persen, ikan segar 0,02 persen, telur ayam ras 0,02 persen, dan bawang putih 0,01 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X