Sektor Pertambangan Melesat Imbas Badai Australia

Kompas.com - 04/04/2017, 18:45 WIB
Ilustrasi tambang batu bara KOMPAS/DWI BAYU RADIUSIlustrasi tambang batu bara
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Badai Cyclon yang menghantam wilayah Queensland, Australia pada Selasa (28/3/2017) pekan lalu berimbas terhadap turunnya pasokan batu bara dari negeri kanguru tersebut.

Penurunan pasokan batu bara ini membuat harga komoditas itu menjadi lebih mahal. Kenaikan harga batu bara ini pada akhirnya berdampak terhadap penguatan indeks sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia pada perdagangan hari ini, Selasa (4/4/2017).

"Penguatan dari indeks sektoral pertambangan signifikan, karena memang ada kenaikan harga batu bara akibat menurunnya pasokan dari Australia karena badai," kata Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee kepada Kompas.com, Selasa.

Mengutip Reuters, Selasa, akibat badai tersebut ekspor batu bara terkendala. Jalur rel kereta api dari areal tambang ke Queensland rusak.

Diperkirakan sebanyak 12-15 juta ton (3-4 persen suplai global) coking coal tidak dapat diangkut. Perbaikan ditaksir membutuhkan waktu tiga pekan. Harga batu bara coking coal bisa naik dari saat ini 159 dollar AS per ton.

Di bursa Indonesia, pada perdagangan hari ini, indeks sektor pertambangan lari paling kencang dengan kenaikan 3,59 persen.

Menyusul sektor pertambangan, ada sektor perdagangan yang naik 1,56 persen, sektor industri dasar naik 1,31 persen, dan sektor infrastruktur yang naik 1,11 persen.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun ditutup menguat 45,03 poin (0,80 persen) ke level 5.651,82. Ini menjadi rekor baru di Bursa Efek Indonesia.

(Baca: Reli Kenaikan IHSG Belum Berakhir, Rekor Baru 5.650 Menanti)

Hans menambahkan, selain karena faktor eksternal, dari dalam negeri inflasi yang rendah di bulan Maret 2017, juga berdampak positif ke pasar modal.

"Ini akan berpengaruh positif ke perbankan," ucap Hans.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X