Maret Deflasi, Mendag Klaim Pemerintah Sukses Kendalikan Harga Pangan

Kompas.com - 04/04/2017, 21:31 WIB
Menteri Pedagangan Enggartiasto Lukita Usai Lakukan Pengarahan Kepada Pegawai Kemendag dalam sebuah diskusi di Kantor Kemendag, Jakarta (3/4/2017) KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Pedagangan Enggartiasto Lukita Usai Lakukan Pengarahan Kepada Pegawai Kemendag dalam sebuah diskusi di Kantor Kemendag, Jakarta (3/4/2017)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengucap syukur indek harga konsumen (IHK) mengalami deflasi 0,02 persen pada Maret 2017. Bagi Mendag, itu adalah capaian bagus pemerintah.

"Jadi suplainya tersedia dan itu menunjukkan bahwa pemerintah secara keseluruhan bersama-sama mampu mengendalikan harga sampai dengan Maret," ujarnya di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Ia membantah deflasi 0,02 pada Maret 2017 disebabkan turunnya daya beli masyarakat namun karena suplai yang tersedia. Hal itu tutur ia sudah dijelaskan langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Secara khusus Enggartiasto memuji koleganya di pemerintahan yakni Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman. Ia menilai Mentan mampu menyediakan stok pangan yang melimpah sehingga tidak terjadi kenaikan harga.

"Mentan berhasil menyediakan stok dengan jumlah yang cukup sehingga harga terkendali," kata Mendag.

Sebelumnya, BPS mencatat, data indeks harga konsumen (IHK) mengalami deflasi pada Maret 2017 sebesar 0,02 persen. Periode yang sama tahun lalu, IHK justru mengalami inflasi sebesar 0,19 persen.

Deflasi 0,02 pada Maret 2017 didorong oleh terjadinya deflasi pada kelompok bahan makanan dan transportasi. Masing-masing menyumbang deflasi 0,14 persen dan persen 0,03 persen. Komoditas yang menyumbang deflasi diantaranya cabe merah, beras, cabai rawit, ikan segar, telur, dan bawang putih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.