Pertumbuhan Ekonomi RI 2018 Dipatok 5,6 persen.

Kompas.com - 04/04/2017, 21:34 WIB
Ilustrasi laju pertumbuhan ekonomi dunia THINKSTOCK.COMIlustrasi laju pertumbuhan ekonomi dunia
Penulis Dani Prabowo
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi pada 2018 sebesar 5,6 persen. Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, target tersebut dipatok dengan melihat kondisi perekonomian dunia saat ini serta prediksi di masa depan.

“Setelah melihat kenyataan ekonomi dunia, bagaimana pajak kita, maka kita untuk 2018 ditetapkan 5,6 persen targetnya,” kata Kalla di Kantor Wapres, Selasa (4/4/2017).

Target tersebut lebih tinggi bila dibandingkan target pertumbuhan ekonomi yang dipatok 5,1 persen pada tahun ini. Ada pun target tahun ini telah diturunkan dari target tahun lalu yakni sebesar 5,3 persen. Pasalnya, realisasi pertumbuhan ekonomi tahun lalu hanya 5 persen.

Akan tetapi, Wapres mengakui, target tersebut masih lebih rendah dari presentase yang dipatok pemerintah di awal masa pemerintahan 2014 lalu sebesar 7 persen.

“Memang awalnya dicanangkan 7 persen, kemudian turun 6,1 persen. Itu kan namanya suatu analisa, suatu perkiraan, suatu harapan,” ujarnya.

Kalla berharap, kondisi perekonomian global tahun depan lebih baik dari saat ini. Sehingga, diharapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat melebihi ekspektasi yang ditentukan.

Keputusan penetapan target pertumbuhan ekonomi 2018 diambil dalam sidang kabinet terkait Pagu Indikatif Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 di Istana Negara, Selasa (4/4/2017).

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X