Perguruan Tinggi Harus Lahirkan Banyak Wirausaha Baru

Kompas.com - 05/04/2017, 19:08 WIB
Menkop AAGN Puspayoga saat acara Peningkatan Kapasitas SDM Koperasi dan UKM di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017). Dok KemenkopMenkop AAGN Puspayoga saat acara Peningkatan Kapasitas SDM Koperasi dan UKM di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) AAGN Puspayoga mengharapkan perguruan tinggi atau kampus bisa menjadi sumber utama lahirnya wirausaha baru. Menurut dia, perekonomian Indonesia saat ini masih butuh banyak wirausahawan baru. 

"Selain itu tak semua lulusan perguruan tinggi tertampung di lapangan pekerjaan yang ada baik di pemerintahan maupun swasta," kata Puspayoga melalui keterangan resmi usai membuka Peningkatan Kapasitas SDM Koperasi dan UKM di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017).

Menkop mengatakan, rasio wirausaha Indonesia berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) 2016 sudah meningkat menjadi 3,10 persen dari sebelumnya 1,64 persen.

Namun dibanding negara lain masih kalah, seperti Malaysia 5 persen, Singapura 7 persen, AS 14 persen, China 11 persen maupun Jepang 10 persen.

"Kita harus mengejar ketertinggalan itu dan kampus menjadi wadah yang strategis untuk melahirkan wirausaha baru," kata Menkop.

Dengan itu, Puspayoga meminta pelatihan kewirausahaan agar dilakukan di kampus-kampus, mulai dari materi peningkatan kapasitas kewirausahaan, pelatihan kewirausahaan melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional bagi pelajar atau mahasiswa, masyarakat petani dan kelompok strategis.

Sementara itu Wakil Rektor UPI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Asep Kadarusman mengatakan pihaknya menyambut baik digelarnya peningkatan kapasitas SDM Koperasi dan UKM di kampus UPI.

"Ini sangat cocok meningkatkan jiwa entrepreneurship bagi mahasiswa juga bagaimana mengelola koperasi," kata Asep.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X