Kuartal I 2017, Menko Darmin Yakin Pertumbuhan Ekonomi Tembus 5 Persen

Kompas.com - 06/04/2017, 13:00 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution YOGA SUKMANAMenteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian (Menko) Darmin Nasution menilai kondisi ekonomi nasional cukup baik pada kuartal I 2017. Angka pertumbuhan ekonomi diyakini akan lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu.

(Baca: Presiden Tetapkan Acuan Pertumbuhan Ekonomi 5,6 Persen, Apa Pertimbangannya?)

 

"Menurut saya dengan begitu bisa 5 persen (pertumbuhan ekonomi)," ujar Menko Darmin di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Menurut Menko Darmin, ada berbagai faktor yang melandasi keyakinannya. Pertama tutur ia, angka ekspor dan investasi mengalami kenaikan pada kuartal I 2017.

Kedua, panen raya sektor pertanian terjadi pada kuartal I 2017. Sementara tahun lalu, panen raya terlambat hingga baru terjadi pada kuartal II 2016.

Ketiga, pengeluaran pemerintah sebagai salah satu pendorong ekonomi juga dinilai tidak buruk namun tidak juga menonjol pada kuartal I 2016.

"Dibanding tahun lalu ya naik-naik sendikit lah (pengeluaran pemerintah)," kata Menko Darmin. Sementara tingkat konsumsi diprediksi masih tetap akan stabil.

 

Namun dia masih akan melihat data pada Maret yang baru akan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada petengahan April nanti.

Tahun lalu, BPS melaporkan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2016 sebesar 4,92 persen secara tahunan, atau naik dibandingkan kuartal I 2015, yang hanya 4,73 persen.

(Baca: Pertumbuhan Ekonomi RI 2018 Dipatok 5,6 persen)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X