Besok, Pembangunan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo Dimulai

Kompas.com - 07/04/2017, 21:17 WIB
Ilustrasi: Aktivitas pekerja di proyek kereta Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (4/8/2016). KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIIlustrasi: Aktivitas pekerja di proyek kereta Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (4/8/2016).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Sabtu (8/4/2017) bakal memulai pembangunan kereta Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah.

Rencananya, Presiden Joko Widodo menghadiri peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan kereta Bandara Adi Soemarmo yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Beberapa kali saya hadir ke Solo untuk memastikan pembangunan kereta bandara Adi Soemarmo dapat segera dilakukan. Besok, direncanakan bapak Presiden Jokowi hadir dalam rangka Pencanangan Pembangunan Perkeretaapian akses Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Jumat (7/4/2017).

Budi menuturkan, pembangunan kereta bandara tersebut dilakukan oleh konsorsium tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tiga perusahaan tersebut yakni, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Angkasa Pura 1 (Persero) dan PT Pembangunan Perumahan (Persero). 

Jalur kereta sepanjang 13,5 km ini akan menghubungkan Stasiun Solo Balapan di kota Solo hingga Bandara Adi Soemarmo, yang terletak di kabupaten Boyolali.

"Dengan menggunakan kereta bandara ini, nantinya  jarak tempuh dari kota Solo (Stasiun Solo Balapan) ke Bandara Adi Sumarmo hanya sekitar 15 menit saja," terang dia.

Sementara itu, terang Budi Karya, masyarakat dari Yogyakarta juga bisa merasakan manfaat kereta bandara ini.

Masyarakat dari Yogyakarta yang akan menuju Bandara Adi Soemarmo hanya ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 11 menit. Dengan rute, Stasiun Yogyakarta - Stasiun Maguwo - Stasiun Solo Balapan - Bandara Adi Soemarmo sejauh 72,7 km.

"Tentunya dengan menggunakan kereta, waktu tempuh menjadi lebih efisien dibanding menggunakan kendaraan mobil yang bisa menempuh waktu lebih dari 2 jam dari Yogyakarta ke Solo," imbuhnya.

Budi Karya pun mengungkapkan, beberapa tahapan kegiatan pembangunan kereta bandara Adi Soemarmo di antaranya penetapan trase yang telah dilakukan Kemenhub dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmen) Nomor KP 406 Tahun 2017 pada 6 April 2017.

Kepmen tersebut menjadi acuan dalam melaksanakan beberapa tahapan selanjutnya, antara lain penyusunan kajian dokumen lingkungan hidup dan pengajuan permohonan izin lingkungan, penyusunan kajian teknis jalur Ka yang lebih rinci, serta perencanaan pengadaan tanah dan pengajuan permohonan Penerbitan Surat Persetujuan Penetapan Lokasi Pembangunan (SP2LP) oleh Gubernur Provinsi Jateng.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X