Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Jamin Wilayah Sumatera Utara Tak Ada Pemadaman saat Bulan Puasa

Kompas.com - 09/04/2017, 06:31 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - PT PLN menjanjikan listrik di area Sumatera Utara tak akan padam sepanjang bulan Ramadhan seiring dengan kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) pada 20 Mei 2017 mendatang.

"MVPP dikontrak untuk menambah daya listrik sebanyak 240 megawatt. Diperkirakan awal Ramadahan MVPP sudah berada di Belawan dan beroperasi. Semoga bisa menutup kekurangan pasokan listrik di Sumut," kata General Manajer PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sugiyanto, Sabtu (8/4/2017).

Selama 10 tahun, daerah Sumatera Utara selalu mengalami defisit listrik karena pembangkit-pembangkit listrik baru datang terlambat.

Saat ini PLN punya cadangan sekitar 4 sampai 5 persen, dengan tambahan listrik sebanyak 240 megawatt dari MVPP setidaknya bisa menambah 6 persen.

"Jadi cadangan kita sebesar 10 persen. Kalau ada tambahan konsumen lagi kita sudah siap. Kita yakin selama Ramadhan bisa aman,” jelasnya.

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi meminta persoalan kekurangan listrik di Sumatera Utara dapat diatasi menjelang dan saat perayaan hari besar.

Untuk itu, dia menantang jika tidak ada pemadaman listrik selama bulan puasa, dia akan memberi reward kepada PLN.

“Kalau Ramadhan ini tidak ada pemadaman listrik, saya beri reward PLN. Begitu juga saat hari-hari besar lainnya, termasuk ketika para pelajar menjalani ujian,” tegas Erry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com