Meski Konsumsi Naik, Pertamina Jamin Elpiji 3 KG Aman Saat Ramadhan

Kompas.com - 10/04/2017, 14:51 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memprediksikan akan ada peningkatan konsumsi Elpiji 3 kilogram (Kg) bersubsidi hingga 9 persen saat momen Ramadhan di Mei-Juni 2017 untuk wilayah DKI Jakarta.

Meski diprediksi ada peningkatan konsumsi Elpiji 3 Kg, Pertamina menjamin pasokan untuk wilayah Jakarta di momen Ramadhan tahun ini aman dan tidak akan terjadi kelangkaan.

(Baca: Elpiji 3 Kilogram Langka, DKI Gelar Operasi Penjualan Elpiji )

"Aman, biasanya ada kenaikan sekitar 5 persen atau paling besarnya sekitar 7 persen sampai 9 persen," kata Area Manager Communication & Relations JBB Pertamina, Yudi Nugraha kepada Kompas.com, Senin (10/4/2017).

Pada saat normal, Pertamina mengalokasikan 402.840 unit tabung untuk wilayah Jakarta. Artinya, jika permintaan melonjak hingga 9 persen, maka Pertamina harus mengalokasikan tabung gas sebanyak 439.095 tabung.

Adapun strategi Pertamina untuk meminimalisir kelangkaan Elpiji 3 Kg di wilayah Jakarta yakni dengan melakukan operasi pasar dan menetapkan harga jual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) pangkalan, yakni Rp 16.000.

Pelaksanaan operasi pasar akan dilakukan di beberapa titik lokasi di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan. Penyalurannya akan didukung oleh 245 agen serta 3.088 pangkalan yang tersebar di wilayah Jakarta.

Yudi menambahkan, terdapat hal yang unik, jika saat Ramadhan terjadi kenaikan konsumsi Elpiji 3 Kg di wilayah Jakarta, justru saat momen Lebaran Idul Fitri, konsumsi gas di Jakarta menurun.

"Kalau pas hari lebaran justru kenaikan sebagian pindah ke daerah karena banyak yang mudik," pungkas Yudi.

(Baca: Pertamina Pastikan Pasokan Elpiji 3 Kg di Jakarta Stabil)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.