Jelang Ramadhan, Pemerintah Jamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok

Kompas.com - 10/04/2017, 18:21 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin kebutuhan pokok jelang bulan Ramdahan dan Idul Fitri 2017 tersedia dengan baik.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, masyarakat tidak perlu ragu terkait pasokan bahan kebutuhan pokok saat Ramadhan nanti.

"Pangan untuk Ramadhan tidak usah ragu, untuk beras sudah dua  juta ton stoknya" tegas Mentan Amran saat menghadiri acara Rapimnas HKTI di Balai Kartini, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Kemudian untuk bawang merah, Mentan Amran mengatakan pemerintah saat ini memiliki stok hingga 2.000 ton, bawang putih 1.000 ton dan daging hingga 40.000 ton.

Menurutnya dengan stok sebesar itu akan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan nanti.

"Bawang harga stabil, kami persiapkan bawang merah 2.000 ton, bawang putih 1.000 ton, cabai Insya Allah tidak masalah, daging kami stok 40.000 ton, jagung juga ada 130.000 ton," ungkap dia.

Data Hasil Produksi

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, guna menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2017 Kementerian Pertanian (Kementan) perlu menyediakan data hasil produksi bahan kebutuhan pokok.

"Harus ada data terkait hasil produksi masing-masing komoditas itu akan jauh lebih menenangkan psikologis pasar," jelasnya.

Menurutnya, terkadang menurut pemerintah aman pada saat ini, namun di lapangan berbeda sekali kondisinya.

"Karena faktanya aman menurut Kementan, (tetapi) itu tidak aman di lapangan. Contoh pada Natal lalu Mentan bilang aman, Menko bilang aman. Faktanya beberapa komoditas tidak aman harganya tinggi, dan alami kenaikan cukup drastis," ungkapnya.

Seperti diketahui, bulan Ramadhan yang juga merupakan bulan puasa bagi umat muslim Indonesia jatuh di akhir Mei 2017 mendatang. Biasanya, harga-harga kebutuhan pokok akan naik menjelang Ramadhan, sesuai dengan demand masyarakat yang meningkat.

(Baca: Hadapi Ramadhan, Kementan Diminta Tingkatkan Validitas Data Produksi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.